Mempercantik Ruang Tamu Minimalis di Rumah Tipe 45

Rabu, 23 September 2020 - 12:15 WIB
loading...
Mempercantik Ruang Tamu Minimalis di Rumah Tipe 45
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang, ruang tamu masih merupakan hal penting yang ada di rumah. Jika lahan rumah sangat terbatas, Anda bisa membuat ruang tamu yang mungil.

Ukuran rumah bertipe 45 bukan menjadi halangan untuk bisa menata ruang tamu mungil nan nyaman. Built in cabinet, dekorasi batu alam, cermin, dan beberapa dekorasi vintage bisa diaplikasikan untuk membantu makeover ruang tamu Anda. (Baca: Kasus Corona Capai 4.000 per Hari, IDI Berikan Dua Solusi)

Adanya furnitur ini sangat cocok untuk rumah minimalis bertipe 45. Begitu juga keberadaan furnitur ini bisa memberikan kesan ruangan menjadi terlihat lebih lapang karena desain dan bidangnya dapat terintegrasi dengan ruang. Biasanya cabinet ini sering dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom atau bisa juga berfungsi menjadi dinding.

"Cabinet seperti built in sangat pas digunakan untuk ruang tamu mungil seperti hunian bertipe 45. Memang saat melakukan pemasangan harus ada perencanaannya terlebih dahulu karena sifat furnitur ini sangat menyatu dengan ruangan, maka harus dilakukan pengukuran secara cermat," ungkap desainer interior Susan Octari Yawhan.

Benda yang satu ini memiliki desain yang customed sehingga membuat Anda jauh lebih fleksibel untuk merancang ide desain ruangan. Hal itu juga dapat mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Cara paling mudah adalah dengan menyesuaikan ukuran besaran rak dengan barang yang akan disimpan dalam cabinet tersebut.

"Memang banyak yang bilang built in adalah cabinet yang paling ringkas untuk diterapkan di ruang mungil. Hal itu dilihat dari bahan yang digunakan, yaitu multipleks dengan tingkat ketebalan 12 mm. Selain itu, beberapa finishing yang sesuai biasanya lebih cenderung menggunakan tacon, HPL, tripleks, dan tekstur jati yang dicat melamin," kata Susan. (Baca juga: Duh! Pemerintah Tambah Sempoyongan Tanggung Beban Utang)

Anda tidak hanya harus terpaku menggunakan built in, penerapan cermin pun bisa membuat kesan ruangan lebih terasa berbeda. Cermin juga bisa menjelma sebagai vocal point untuk ruangan. Bahkan, cermin juga tidak lagi bisa diletakkan di kamar atau di toilet, tapi juga bisa diletakkan di ruang publik seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

"Kaca atau cermin memiliki sifat yang bisa memantulkan cahaya dan bayangan. Karena itu, aksesori ruangan ini bisa membantu untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang kecil. Kadang cermin juga dijadikan panel pada bidang dinding atau diletakkan di atas meja konsol," tegas Susan.

Cermin dengan kesan dingin dan kaku sangat cocok digunakan di ruang dengan gaya modern atau minimalis. Panel kaca juga bisa menambah kesan futuristik di ruangan. Sementara untuk menghilangkan kesan dingin, cermin bisa dibungkus dengan bingkai kayu, kuningan, dan yang lainnya sesuai dengan tema ruangan.

"Untuk menambah kesan etnik, kaca bisa dibingkai dengan ukiran dekoratif tertentu seperti ukiran Jawa dan Bali. Biasanya cermin yang dipakai untuk panel lebih tebal dari cermin biasa sekitar 8 mm," tambahnya. (Lihat videonya: Merasa Jenuh, Pasien Covid-19 di Kalteng Jebol Ruang Isolasi)

Bila area ruangan yang tersedia cukup luas, Anda bisa meletakkan bingkai cermin pada meja konsol. Menaruh vas bunga dan lampu meja juga bisa membantu memantulkan bayangan pada cermin dan itu akan membuat suasana lebih menarik. Anda pun bisa menyesuaikan dengan material dan warna furnitur kayu di sekelilingnya.

Bukan hanya cermin dan built in, bahan alami seperti batu alam juga bisa menyejukkan pandangan mata saat Anda berada di dalam rumah. Dekorasi batu alam pada salah satu bidang dinding ruangan bisa jadi salah satu ide untuk menstimulus suasana hati. Biarkan kealamian batu alam menghias interior ruangan favorit keluarga.

Terakhir bila Anda ingin bernostalgia dengan masa lalu, barang-barang antik dan vintage bisa melengkapi collector item di ruangan. Namun ingat, sesuaikan pula dengan tema tatanan ruang dan besar ruangan. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)