Pak Dubes, Sudah Cerita ke Pak Jokowi Soal China Menang Melawan Covid?

loading...
Pak Dubes, Sudah Cerita ke Pak Jokowi Soal China Menang Melawan Covid?
Lampu-lampu di Wuhan Saat Merayakan Berakhirnya Lockdown
A+ A-
JAKARTA - China bisa dibilang menjadi negara yang menang melawan Covid-19, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan. Dari segi ekonomi, China berhasil tumbuh 3,2% di kuartal II, setelah di kuartal pertama minus 6,8%. Sedangkan dari kesehatan hampir tidak ada kasus baru dalam beberapa pekan. (Baca juga:Punya Bos Baru, Ini Formasi Anyar Anggota Dewan Komisioner LPS)

"Kasus Covid-19 di China itu tinggal 411 dan dalam beberapa minggu terakhir tidak ada lagi kasus baru dari dalam negeri," Kata Djauhari Oratmangun, Duta Besar Indonesia, untuk China dan Mongolia dalam market review IDX channel, Rabu (23/9/2020).

Ia menuturkan, ada tujuh kebijakan yang dilakukan oleh China dalam pandemi. Di antaranya, pemerintah bertanggung jawab atas semua urusan, tenaga medis atau penanganan yang gratis, determinasi politik, kebijakan yang tepat waktu, transparansi penanganan yang terkoordinasi, dan kekuatan teknologi dalam menangani pandemi serta vaksin.

"Selain itu, penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat hingga sekarang di China," jelasnya. (Baca juga:DPR Minta Pemerintah Siapkan Mekanisme Umrah di Tengah Pandemi)



Menurutnya, salah satu cara keberhasilan Negari Tirai Bambu itu dalam menangani Covid adalah pengawasan yang ketat dari perangkat birokrasi yang paling bawah hingga pemerintah pusat. Artinya, jika di Indonesia maka pengawasan ketat sudah dilakukan dari tingkat rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

"Jika kita melakukan pengawasan dari bawah secara baik, maka tingkat penyebaran Covid-19 bisa ditekan," jelasnya.
(uka)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top