Erick Thohir Mau Apa Kunjungi Korsel Saat Pandemi? Ini Bocorannya

Kamis, 24 September 2020 - 16:54 WIB
loading...
Erick Thohir Mau Apa Kunjungi Korsel Saat Pandemi? Ini Bocorannya
Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir saat ini tengah berada di Korea Selatan (Korsel). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir saat ini tengah berada di Korea Selatan (Korsel). Dalam kunjungan kerja itu, Erick juga membahas perihal vaksin Covid-19 dengan otoritas setempat.

(Baca Juga: Kelas Menengah Susul Korsel, Erick Makin Pede RI Jadi Negara Besar )

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, keberadaan Erick Thohir di Korsel merupakan bagian dari tindak lanjut kerja sama pemerintah Indonesia dengan sejumlah negara, termasuk Korea Selatan untuk melakukan pengembanagan vaksin.

"Pak Erick Thohir sekarang lagi ke Korsel, ini juga merupakan bagian dari langkah-langkah ini (pengembagan vaksin). Kemarin beliau sudah berangkat ke Korsel," ujar Arya, dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).

Keberadaan Erick di Korsel memang didampingi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Sebelumnya, Bahlil sempat membocorkan agenda dia dan Erick.

Dia bilang, dalam kunjungan itu mereka akan menyepakati kerja sama ihwal pembangunan pabrik baterai lithium (electric vehicle/EV battery) di Indonesia.

(Baca Juga: Tak Mau Ketinggalan, Indonesia Bisa Bikin Baterai Kendaraan Listrik 4 Tahun Lagi )

Bahkan, di depan Komisi VI DPR, dia mengklaim, pembangunan pabrik baterai lithium di Indonesia ini akan menjadi proyek terbesar di dunia. Di mana, pemerintah menyiapkan 100 hektare lahan di Batam yang digunakan sebagai lokasi pabrik.

"Ini investasinya besar dan ini terbesar di dunia dan itu lokasinya adalah di Batam, 100 hektare. Jadi, saya besok (Rabu) dengan Pak Erick ke Korea Selatan untuk menyelesaikan persoalan hilirisasi EV battery ini," ujar Bahlil.

Dalam kunjungan ke Korsel, mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu juga menyebut, dia bersama Menteri Erick akan bertemu dengan sejumlah investor asal perusahan setempat. Meski begitu, dia tidak menyebut perusahaan mana yang dia maksudkan.

"Bahkan ada beberapa perusahaan Korea Selatan juga. Dalam kunjungan kami dengan Pak Erick akan meng-clear-kan ini, sedikit lagi," ujar dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)