Menko Luhut Pastikan Bantuan Langsung Tunai Cair Pekan Ini

Rabu, 15 April 2020 - 14:31 WIB
loading...
Menko Luhut Pastikan Bantuan Langsung Tunai Cair Pekan Ini
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan mulai cair pekan ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan mulai cair pekan ini. Hal tersebut guna membantu masyarakat miskin yang paling terdampak akibat Covid-19 dari kebijakan mitigasi kesehatan pemerintah.

Luhut menambahkan, saat ini pemerintah tengah melakukan pendataan agar bantuan tersebut dapat tersalurkan secara tepat sasaran. Sehingga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Minggu ini sudah jalan dan minggu depan jalan dengan bagus. Kalau sudah jalan, lihat langkah berikutnya apa lagi," ujar Menko Luhut di Jakarta, Selasa (15/4/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar akan melakukan realokasi anggaran sebesar Rp22,4 triliun. Pemerintah sendiri menganggarkan dana desa sebesar Rp 72 triliun di tahun 2020.

"Dana desa yang akan terpakai sebesar Rp 22.477.762.000 dari Rp 72 triliun. Itulah arahan Presiden agar seluruh masyarakat mendapatkan fasilitas dan mendapatkan perhatian dari pemerintah," kata Abdul

Adapun anggaran Rp 21,4 triliun tersebut akan dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600.000/keluarga selama tiga bulan dan akan diberikan kepada kurang lebih 12 juta keluarga penerima di desa.

Sebagai informasi, program bantuan sosial lainnya yang disiapkan pemerintah di antaranya, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra-Kerja, Keringanan Tarif Listrik, Dana Kebutuhan Pokok dan Keringanan Pembayaran Kredit.
(ant)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)