Ini Tanggapan Bos OJK Terkait Cetak Uang Rp600 Triliun

Selasa, 05 Mei 2020 - 20:13 WIB
loading...
Ini Tanggapan Bos OJK Terkait Cetak Uang Rp600 Triliun
OJK menyatakan terlalu dini untuk bicara jumlah uang saat ini. Foto/Dok SINDO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menilai usulan mencetak uang Rp600 triliun rupiah untuk menangani pandemi corona (Covid-19) baiknya dijadikan opsi terakhir Bank Indonesia (BI).

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan pada dasarnya pencetakan uang merupakan kewenangan Bank Indonesia selaku bank sentral.

"Terlalu dini jika kita bicara jumlah uang saat ini. Padahal itu kita belum apa-apa," ujarnya dalam diskusi OJK dengan MNC Media Group secara daring, Selasa (5/5/2020). (Baca Juga : OJK Optimistis Skema Bantalan Likuiditas Efektif Jaga Perbankan )

Dia menjelaskan, mencetak uang itu bisa dilakukan BI dengan menerbitkan surat utang di pasar perdana. "Jadi tolong dibedakan, jangan dihubungkan dengan fiskal, itu APBN yang sudah diperlonggar defisit. Kalau sampai cetak berapa ribu triliun, itu kan suatu andai-andai. Padahal, itu kita belum apa-apa," terangnya.

Wimboh menegaskan, bahwa likuiditas perbankan saat ini dalam kondisi yang baik. Bahkan likuiditas interbank call money pun dalam kondisi demikian. "Yang kita lakukan itu kan buat jaga-jaga saja, dan mudah-mudah tidak terjadi," tutupnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)