Menko Perekonomian & Menko PMK jadi Juri, HT: Indonesia Awards Diharapkan jadi Inspirasi Masyarakat

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 22:43 WIB
loading...
Menko Perekonomian & Menko PMK jadi Juri, HT: Indonesia Awards Diharapkan jadi Inspirasi Masyarakat
ki-ka: Hary Tanoesoedibjo, Airlangga Hartarto, dan Muhadjir Effendy
A A A
JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Indonesia Awards akan memberikan penghargaan khusus kepada tokoh yang berkontribusi besar di bidang kesehatan, yakni yang memiliki peran positif dalam penanggulangan Covid-19 di Tanah Air.

"Jadi, ada 3 kategori, tokoh publik, tokoh profesional dan penghargaan khusus di bidang kesehatan, karena sekarang sedang pandemi Covid-19. Jadi, siapa yang telah memberikan kontribusi yang positif, dedikasi, kontribusinya kepada masyarakat, khususnya dalam penanganan Covid-19," ungkap Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo .

Hal itu disampaikannya saat penjurian Indonesia Awards 2020 bersama 2 juri kehormatan lainnya, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Lewat ajang tahunan yang digelar sejak 2017 itu, Hary berharap bisa menginspirasi masyarakat luas untuk melakukan hal serupa atau bahkan lebih baik.

"Tokoh-tokoh dipilih dengan kriteria tertentu, yang memiliki prestasi, yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, anak bangsa. Di samping itu juga penghargaan tersendiri bagi yang bersangkutan, karena kontribusinya kepada masyarakat," katanya. ( Baca juga:Ini Dia Kartu Sakti agar BBM Subsidi buat Nelayan Tak Berceceran )

Menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, para tokoh yang terpilih sudah melalui seleksi ketat dengan kriteria yang tepat, antara lain tokoh tersebut dikenal luas, konsisten dalam menjalankan tugas dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat secara konkret.

Tak kalah penting, lanjut Airlangga, harus mempunyai kompetensi serta track record yang benar-benar dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat. "Tokoh-tokoh tersebut menjadi panutan bagi masyarakat maupun bagi pejabat publik," tutur pria yang sore itu mendapatkan kejutan ulang tahun dari Hary Tanoesoedibjo. 1 Oktober lalu, dia genap berusia 58 tahun.

Adapun, Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku mengenal dekat tokoh-tokoh yang menjadi kandidat penerima penghargaan Indonesia Awards 2020 tersebut.

Baginya, sangat sulit menentukan pemenang, karena semua kandidat dinilainya layak mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

"Kriterianya sudah mendekati ideal, karena dalam menangani Covid-19 ini kita kenal, yaitu pendekatan pentahelix. Pentahelix itu adalah 5 pihak yang harus bersama-sama, saling bantu, saling dukung untuk menyelesaikan masalah Covid-19 ini. Pemerintah kalau sendirian tidak mungkin bisa menyelesaikannya," kata Muhadjir. ( Baca juga:Moeldoko Bertemu Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ini yang Dibahas )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)