Kebal Corona, Ekonomi Syariah Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

Senin, 05 Oktober 2020 - 17:13 WIB
loading...
Kebal Corona, Ekonomi Syariah Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi
Ekonomi syariah bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan industri keuangan dan pasar modal syariah di Indonesia tetap positif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari dominasi pasar saham syariah pada sisi volume, frekuensi dan nilai transaksi.

Direktur Operasional BRIsyariah Fahmi Subandi mengatakan ekonomi syariah ke depan bisa menjadi motor penggerak ekonomi . Keyakinan tersebut muncul karena Indonesia memiliki modal besar yakni jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi pesatnya pertumbuhan industri keuangan syariah terlihat dari masih kecilnya market share perbankan syariah dibanding bank-bank konvensional yakni sebesar 6,18% per semester I - 2020.

Angka ini menunjukkan bahwa pasar industri perbankan syariah baru melayani 6% dari seluruh nasabah pengguna layanan perbankan di Indonesia. "Kita memiliki ruang tumbuh besar untuk menggarap sektor-sektor yang sekarang masih dipegang bank konvensional. Apalagi saat ini pemerintah juga semakin menunjukkan dukungannya terhadap industri keuangan syariah dengan menerbitkan beberapa regulasi baru, dan menguatkan peran Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang berubah menjadi Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)," katanya, di Jakarta, Senin (5/10/2020).



Menurut dia Ssalah satu cara yang bisa ditempuh perbankan syariah untuk mewujudkan potensi tersebut adalah memberanikan diri untuk melantai di pasar modal syariah. "Keberadaan perbankan syariah di lantai bursa dapat menjadi solusi untuk memperbesar struktur permodalan dan pendanaan, yang berujung pada meningkatnya kinerja perusahaan ke depannya," bebernya.



Fahmi lantas mengajak seluruh pelaku industri keuangan syariah khususnya perbankan untuk segera mengikuti jejak BRIsyariah melantai di bursa. Diferensiasi sumber pendanaan dengan memanfaatkan keberadaan pasar modal syariah menjadi hal penting yang harus dilakukan, agar perbaikan tata kelola bisa lebih baik lagi dilakukan perbankan syariah.

"Dengan masuk bursa memberi pengalaman kami untuk memperbaiki struktur permodalan. Ada juga tantangan lain yang akhirnya harus kami ikuti dan kembangkan, seperti misal tuntutan governance perusahaan meningkat, dan kami harus bisa sajikan value kami dengan baik ke publik," tukasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)