Tips Menciptakan Ruangan Santai di Dalam Rumah

Rabu, 06 Mei 2020 - 08:46 WIB
loading...
Tips Menciptakan Ruangan Santai di Dalam Rumah
Foto/Istimewa
A A A
Sanctuary area atau area santai menjadi hal penting di setiap rumah. Fungsi ruangan ini tidak hanya bisa menjadi tempat melepas lelah, juga bisa menjadi area kumpul keluarga.

Bila Anda berencana menciptakan ruang santai di dalam rumah, setiap elemen yang dipilih harus benar-benar customized dan mewakili selera masing-maing orang, sehingga semestinya tidak ada sanctuary area yang sama satu dengan lainnya.

Anda pun tidak harus menyamakan warna, model, ataupun akseoris ruangan hanya untuk mendapatkan tampilan yang mirip dengan foto ruangan yang ada di majalah. Jika Anda suka dan sesuai dengan ukuran ruangan hal itu bisa diwujudkan, tapi jika tidak suka juga bisa dihilangkan.

Namun, dalam memilih dan menata furnitur yang akan digunakan di area favorit rumah, ada beberapa ketentuan yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan itu sendiri. Hal ini ditegaskan arsitek Deni Indra. Menurutnya, ketentuan sederhana ini bukan dibuat untuk membatasi kreativitas dalam mengolah ruangan, tapi untuk membantu mewujudkan ruangan yang hangat dan nyaman digunakan beraktivitas.

Ketentuan tersebut dimulai dari saat Anda membeli furnitur. "Penuhi kebutuhan paling standarnya dahulu sebagai langkah awal, kemudian baru memilih model yang tahan lama dan bukan hanya melihat tren semata. Jadikan ukuran ruangan sebagai tolak ukur utama," jelas Deni.

Dalam menciptakan ruangan santai yang sedikit mahal, itu tidak masalah asalkan keawetannya terjamin. Namun jika ingin mendapatkan pilihan menarik, rajinlah berburu model di berbagai pameran furnitur.

Lantas, bagaimana jika selera berbeda-beda yang akhirnya berujung pada pilihan gaya yang berbeda pula? Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih furnitur di area santai personal yang bisa membuat hari-hari Anda bersama keluarga terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Untuk ruang keluarga yang ruangannya tidak terlalu besar, suasana klasik mewah bisa diwujudkan dengan memilih pelapis sofa bermotif damask yang anggun dan cantik. Ada pun untuk menghadirkan gaya modern simpel, ada baiknya furnitur dipilih dengan bahan yang ringan seperti logam.

"Untuk menjaga agar kesan dinginnya tidak dominan, atur posisi sofa mengelilingi meja kopi, sehingga percakapan dapat terjalin lebih hangat di sini," paparnya.

Gaya etnik tradisional juga bisa diciptakan pada ruang santai dengan memadukan furnitur berukir. Modelnya pun harus dipilih yang simpel dan ringan agar tidak susah dalam melakukan perawatan.

"Di sini kita bisa sediakan lemari panjang besar berpintu kaca untuk menjaga koleksi etnik tetap tertata rapi dan bersih," ungkap Deni.

Gaya eklektik kontemporer (perpaduan modern dan klasik) bisa diterapkan untuk Anda yang suka bermain warna pada area ruang santai. Padukan sofa bernuansa netral dengan berbagai aksesori warna-warni agar tidak bertabrakan dan berbalik memusingkan.

Untuk melengkapi tambahannya, Anda juga bisa menggunakan cushion atau bantal dengan motif yang senada dengan alas yang Anda gunakan. Dalam penataan gaya ini, area jendela diberikan ruang sedikit sebagai tempat untuk duduk santai yang nyaman.

Apabila Anda menginginkan kenyamanan di ruang keluarga, tetapi dengan suasana lebih privat, Anda bisa mencoba untuk membuat ruang keluarga mini dan indah. "Untuk menata ruang keluarga sebagai area santai, bisa menggunakan sofa 2 seat di bagian rumah yang diinginkan. Misalnya saja, dekat jendela agar memperoleh pencahayaan alami yang cukup," sarannya.

Sebagai pelengkap sofa bisa dipadukan dengan armless chair serta stool. Sebagai pembatas ruangan, dapat menggunakan rak buku maupun tirai dengan warna senada agar tetap tercipta suasana yang lebih santai, namun lebih privat tanpa memberikan kesan sempit.

Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan beraneka bantal dan meja kecil di salah satu sudut ruangan untuk bisa menciptakan ruang santai yang lebih cozy dan menimbulkan suasana akrab.

"Area loteng yang terkadang kurang dimanfaatkan bisa dicoba untuk menjadi ruang santai, namun tetap nyaman. Caranya tinggal menambahkan tempat duduk seperti bantal dan karpet pada area tersebut," tambah Deni.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan penggunaan material yang Anda pilih sesuai suasana yang ingin diciptakan. Misalnya dengan menggunakan material kayu dan dominasi warna cokelat agar bisa memberikan kesan hangat.

Tips Membuat Balkon Menjadi Ruang Santai:

1. Bersihkan dan rapikan balkon.

Bersihkan dari berbagai barang yang tidak terpakai. Kalau balkon digunakan sebagai area menjemur, Anda bisa menempatkan satu area basah yang memang digunakan sebagai tempat menjemur. Hal ini agar Anda lebih nyaman ketika bersantai.

2. Siapkan karpet atau alas lantai.

Setelah merapikan dan membersihkan balkon, hal yang harus dilakukan adalah memberikan alas pada lantai. Hal ini dimaksudkan agar balkon menjadi lebih nyaman dan hangat. Anda bisa menempatkan karpet dengan detail rumput sintetis.

3. Tambahkan bantal.

Menyiapkan bantal-bantal sebagai akseoris untuk bersantai. Anda bisa menambahkan kursi dan meja yang bisa meletakkan berbagai makanan ketika sedang bersantai di balkon.

4. Tambahkan barang-barang untuk teman bersantai.

Pilih barang yang bisa membuatmu terasa lebih nyaman, misalnya, tambahkan tumbuhan hijau di area balkon. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)