Mengubah Suasana Rumah dengan Biaya Hemat

Rabu, 07 Oktober 2020 - 16:15 WIB
loading...
A A A
Setelah mengetahui desain apa yang ingin Anda aplikasikan, langkah selanjutnya adalah merencanakan strukturnya. Gunakan struktur bangunan yang bisa menghemat anggaran Anda, misalnya jika rumah Anda memiliki lebar kurang dari 400 cm tidak usah menggunakan struktur kuda-kuda. Bila Anda menginginkan hunian dua lantai, sebaiknya jarak antara lantai satu dan dua sekitar 250 cm, namun harus memiliki bukaan dan ventilasi yang cukup untuk ukuran ruangannya.

“Untuk menekan biaya bisa juga menggunakan struktur rangka multipleks pada struktur lantai dua, yang bisa dilapisi cor semen tipis dan pelapis keramik. Untuk struktur lantai dua bisa dibuat lebih hemat dibandingkan lantai satu yang memerlukan material beton sebagai penyangga,” jelas Rizky.

Sebagai tahap akhir, Anda bisa bereksperimen dengan sentuhan desain unfinished. Untuk menghemat dana pengecatan dan penggunaan wallpaper, seni unfinished bisa Anda tonjolkan. (Lihat videonya: Pasal Kontroversial UU Cipta Kerja Dianggap Merugikan Buruh)

“Tidak ada salahnya membiarkan dinding, lantai, dan plafon tampil apa adanya. Justru dengan begitu akan membuat hunian semakin berkarakter dan berseni, sekaligus menghemat dana,” tutur arsitek kelahiran Sumatera Barat ini.

Jadi, Anda tak perlu bingung lagi memikirkan masalah dana untuk menciptakan rumah idaman. Dengan biaya yang terjangkau, Anda pun bisa menyulap rumah sederhana menjadi rumah nan istimewa. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2566 seconds (0.1#10.140)