Dahsyat! Sri Mulyani Bongkar Kerugian Ekonomi Global Akibat Corona

Kamis, 08 Oktober 2020 - 17:55 WIB
loading...
Dahsyat! Sri Mulyani Bongkar Kerugian Ekonomi Global Akibat Corona
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan kerugian ekonomi yang dialami seluruh negara di dunia akibat pandemi Covid-19 cukup besar. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pandemi covid-19 membuat kerugian ekonomi global mencapai USD9-15 triliun.

"Hal ini setara sembilan sampai 15 kali ukuran ekonomi Indonesia. Suatu dampak begitu dahsyat dalam waktu kurang dari enam bulan," kata Sri Mulyani video virtual, Kamis (8/10/2020).

Dia melanjutkan kerugian tersebut sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi dunia yang diprediksi akan mengalami kontraksi sangat dalam pada tahun ini yaitu di kisaran 3-5%. "Semula pada 2020 ekonomi dunia diperkirakan tumbuh 3,4% sekarang berubah jadi kontraksi 3% sampai 5%," imbuhnya.



Dia menambahkan pembatasan sosial yang bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 mengakibatkan terhentinya interaksi kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang kemudian menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi terutama di tingkat akar rumput dan terjadi di seluruh dunia. "Langkah pencegahan Covid-19 telah mengancam perekonomian seluruh dunia di mana pertumbuhan ekonomi dunia merosot tajam," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)