Pernyataan Resmi Erick Thohir Jelang Merger 3 Bank Syariah Pelat Merah

Selasa, 13 Oktober 2020 - 12:59 WIB
loading...
Pernyataan Resmi Erick Thohir Jelang Merger 3 Bank Syariah Pelat Merah
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Dok ANTARA FOTO
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, merger tiga bank syariah anak usaha BUMN menjadi sejarah baru bagi perbankan di Indonesia. Bahkan, dia berkeinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.

Erick juga memuji kinerja ketiga bank syariah mampu bertahan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Hal itu, kata dia karena ditopang oleh sistem yang adil dan transparan di Indonesia. (Baca juga: Tiga Bank Syariah Digabung, Erick Thohir: Sejarah Baru Perbankan RI )

Bahkan, dengan sistem tersebut ketiga bank syariah yang terdiri dari PT Bank BNI Syariah, PT Bank Rakyat Indonesia Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri mampu menorehkan kinerja yang positif.

"Kita semua tentu berharap agar bank syariah ini semakin mendekati satu tujuan ekonomi syariah yaitu keadilan untuk umat. Sistem keadilan dan transparan sudah membuat bank-bank syariah bertahan di tengah krisis pandemi Covid-19," ujar Erick dalam sebuah tayangan video, Jakarta, Selasa (13/10/2020). Berikut ini pernyataan lengkap Erick Thohir perihal merger tiga bank syariah anak usaha BUMN: (Baca juga: Kematian Akibat COVID-19 di Jatim 3.447 Kasus, Tertinggi se-Indonesia )

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rekan-rekan pegawai bank syariah yang saya banggakan. Tentunya, sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia, sudah sepantasnya kita memiliki bank syariah yang kuat. Indonesia harus menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.

Untuk mewujudkan mimpi itu, kita harus bersatu bahu membahu, ta'awun, dan saling menguatkan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN berinisiatif untuk melakukan penandatanganan conditional merger agreement.

Untuk menyatukan tiga bank syariah nasional yakni PT Bank BRISyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah menjadi satu keluarga besar.

Rekan-rekan yang saya sayangi, langkah ini merupakan tonggak sejarah untuk kita semua, tonggak pertama persiapan dan tinjauan untuk merealisasikan rencana penggabungan bank-bank syariah nasional. Dengan bergabungnya rekan semua dalam satu bank, satu keluarga Insya Allah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar.

Kita semua tentu berharap bank syariah ini mendekati satu tujuan ekonomi syariah yaitu keadilan untuk umat. Sistem keadilan dan transparan sudah membuat bank-bank syariah bertahan di tengah krisis pandemi Covid-19. Bahkan, mampu menorehkan kinerja yang positif.

Saat ini, kita masih tertinggal dari negara Islam lainnya karena itu kita harus bangkit. Namun, kita juga harus yakin, bila kita bersatu insya Allah kita mampu jadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia

Insya Allah, langkah ini menjadi sesuatu panggilan bagi rekan rekan semua untuk sama-sama menegakkan ekonomi syariah Indonesia, memakmurkan masyarakat dan tentunya ini adalah amanah yang juga akan buka kesempatan lebih luas bagi kita semua untuk dapat berguna sebanyak-banyaknya bagi orang lain.

Rekan-rekan semua, mari kita sama-sama saling menguatkan, bekerja berlandaskan AKHLAK, yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif untuk menjadi pilar kekuatan baru ekonomi nasional.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)