Gelar Kompetisi Teknik Alat Berat 2020, Trakindo Perkuat Potensi Generasi Penerus

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 22:44 WIB
loading...
Gelar Kompetisi Teknik Alat Berat 2020, Trakindo Perkuat Potensi Generasi Penerus
PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali mengadakan Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) yang telah dilaksanakan sejak 2008, dan pertama kalinya digelar secara daring. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai penyedia solusi alat berat Cat®️ berkomitmen mendukung serta memberikan kontribusi nyata dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan kembali mengadakan Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) yang telah dilaksanakan sejak 2008, dan pertama kalinya digelar secara daring.

Chief Administration Officer Trakindo, Yulia Yasmina mengatakan, bahwa pandemi membuat semua orang lebih kreatif dan kuat dalam menghadapi tantangan. "K3TAB adalah bagian penting dari komitmen kami terhadap kemajuan pendidikan teknik alat berat yang kami jalankan secara berkelanjutan, karenanya di tengah pandemi kami beradaptasi dan berinovasi menjalankan kompetisi dengan skema daring," ungkapnya.

(Baca Juga: Forklift Unggulan Trakindo Genjot Produktivitas di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru )

Sambung dia menerangkan, pelaksanaan K3TAB kali ini mengusung tema 'Bersama Memperkuat Potensi Bangsa', dengan harapan dapat menginspirasi seluruh peserta untuk selalu memiliki mental pemenang, selalu mencari jalan keluar dari setiap tantangan, terus berusaha mewujudkan apa yang diinginkan. "Hingga pada akhirnya menjadi generasi penerus yang berkualitas, dengan kompetensi tinggi dan berkarakter baik," jelas Yulia dalam acara penutupan K3TAB 2020.

K3TAB adalah kompetisi tahunan antarsiswa dan mahasiswa teknik alat berat yang bernaung dalam Program Kerja Sama Pendidikan (COOP) Trakindo. Kegiatan ini adalah bagian dari perwujudan semangat Advancing You Forward pada inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan dalam memajukan kualitas pendidikan teknik alat berat Indonesia yang berbasis karakter. K3TAB pada tahun 2020 ini merupakan tahun penyelenggaraan ke-12 untuk tingkat Politeknik dan tahun ke-11 untuk jenjang SMK.

Pelaksanaan K3TAB 2020 dilakukan secara virtual, keseluruhan proses mulai dari seleksi, persiapan, kompetisi hingga acara penutupan, dilakukan dengan selalu memprioritaskan protokol keselamatan. Kategori yang dilombakan meliputi Presentasi Inovasi, Pengetahuan Teknik, dan Keterampilan Teknik.

Beberapa kategori dilakukan dengan skema virtual meeting, dan studi kasus daring. Sedangkan kategori praktik dilakukan dengan skema yang disebut stuntman, yaitu peserta diminta memberi instruksi kerja kepada teknisi di workshop.

(Baca Juga: Trakindo Construction Day Jadi Ajang Peningkatan Kualitas ke Taraf Internasional )

K3TAB tahun ini diikuti sebanyak 13 institusi pendidikan teknik alat berat. Peserta dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Lubukpakam, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Dumai, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 6 Samarinda, dan SMKN 3 Sorong. Peserta dari jenjang Politeknik yaitu Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Padang, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

"K3TAB merupakan ajang kita dapat melihat sejauh mana anak didik kita telah berkembang. Kegiatan ini juga memperlihatkan dampak positif dari sinergi dan kerja sama yang kita lakukan terhadap kemajuan generasi penerus," tambah Yulia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3327 seconds (0.1#10.140)