Dorong Inovasi Karya Bangsa, PLN Kembali Gelar LIKE 2020

Selasa, 20 Oktober 2020 - 15:16 WIB
loading...
Dorong Inovasi Karya Bangsa, PLN Kembali Gelar LIKE 2020
Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat menyampaikan paparan dalam acara pembukaan LIKE 2020. Foto/Dok. PLN
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) kembali menggelar acara Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, acara kali ini berlangsung secara daring karena pandemi Covid-19.

LIKE merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-75 yang bertujuan untuk mendorong lahirnya produk-produk inovasi yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Digelar selama tiga hari mulai tanggal 20 – 22 Oktober 2020, kegiatan yang dilaksanakan meliputi seleksi karya inovasi pegawai, knowledge sharing, dan pameran karya inovasi pegawai.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi penyelenggaraan LIKE 2020 yang tetap di gelar di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, kegiatan ini menjadi energi optimisme dalam rangka mendorong semangat inovasi dan meningkatkan kinerja pegawai.

(Baca Juga: Peringati HLN, PLN Sukses Listriki Desa Wisata di Sinjai)

"Semangat ini menjadi upaya PLN mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat bangsa dan negara," ujarnya, Selasa (20/10/2020).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan, pembangkit EBT dan electricity storage menjadi peluang, tantangan dan menjadi agenda riset strategis yang harus dijawab oleh lembaga penelitian dan pengembangan ketenagalistrikan.

Di era new normal, PLN diharapkan dapat terus berinovasi untuk menjawab ekspektasi pelanggan untuk menjadi cepat dan responsif dengan menggunakan teknologi baru dan transformasi digital.

"Kemenristek/BRIN mendukung PLN untuk terus berinovasi guna mencapai transformasi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi berbasis Inovasi," ujarnya.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan bahwa saat ini PLN telah mencanangkan transformasi baru yaitu Green, Lean, Innovative dan Customer Focused. "Melalui acara LIKE PLN ini, kita dapat terus mengembangkan inovasi-inovasi terbaik PLN dalam menjawab tantangan industri 4.0," tuturnya.

General Manager PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Iswan Prahastono menjelaskan, pada seleksi karya inovasi pegawai tahun ini, terpilih 34 dari 308 karya inovasi yang akan dipresentasikan dan akan dinilai oleh dewan juri tingkat nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)