Negaranya Boleh Aja Resesi, Tapi Belanda Tetap Gacor Soal Investasi di RI

loading...
Negaranya Boleh Aja Resesi, Tapi Belanda Tetap Gacor Soal Investasi di RI
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Belanda masuk 5 besar negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia pada kuartal III-2020. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)mencatat Belanda masuk 5 besar negara yang paling banyak berinvestasidi Indonesia pada kuartal III-2020. Padahal perekonomian negara Kincir Angin tersebut mengalami resesi imbas pandemi Covid-19, setelah dua kuartal beruntun mencatatkan pertumbuhan ekonomi minus.

"Ini menarik juga, Eropa sekalipun pertumbuhan ekonomi mereka defisit tetapi animo gairah mereka untuk investasi di Indonesia itu cukup luar biasa. Belanda ini juga dijadikan sebagai beberapa negara menjadi hub sebenarnya," kata Bahlil dalam video virtual, Jumat (23/10/2020).

(Baca Juga:Jangan Senang Dulu, Investasi Melejit Bukan Bukti Ekonomi Pulih)

Adapun,derasnya investasi dari negara Eropa tersebut menunjukkan kepercayaan (trust) mereka terhadap Indonesia. "Jadi ini terkait dengan trust terkait dengan persepsi yang selama ini dibangun pemerintah. Dengan melakukan perubahan regulasi ini dampaknya sudah mulai bagus," katanya.



BKPM mencatat realisasi investasi Belanda di Indonesia sebesar USD0,5 miliar atau setara Rp 7,2 triliun, berdasarkan asumsi kurs yang digunakan BKPM yaitu Rp 14.400/USD. Sementara itu, 5 besar negara penyumbang investasi di Indonesia secara berurutan adalah sebagai berikut:

(Baca Juga: Mantap! Realisasi Investasi Triwulan III Tembus Rp209 triliun)

Pertama diduduki Singapura yang penyumbang Investasi USD2,5 miliar, lalu China sebesar USS 1,1 miliar, Jepang USD 0,9 miliar, Hong Kong USD0,7 miliar dan Belanda sebesar USD0,05 miliar.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top