Cari Modal Bisnis Makin Gampang di Era Digital, Pahami Karakteristik dan Syaratnya

Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:18 WIB
loading...
Cari Modal Bisnis Makin Gampang di Era Digital, Pahami Karakteristik dan Syaratnya
Ingin berbisnis tapi bingung mencari modal? Sekarang tidak perlu harus menjual barang, menabung, atau meminjam uang ke bank. Tapi Ingat, pahami karakteristik dan syarat peminjaman. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ingin berbisnis tapi bingung mencari modal ? Sekarang tidak perlu harus menjual barang, menabung, atau meminjam uang ke bank. Kini, internet dan fintech memberimu cara mencari modal yang lebih praktis dan mudah. Kamu bahkan bisa mengaksesnya langsung lewat ponsel atau laptopmu!.

(Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Seseorang Belum Siap Merintis Bisnis, Anda Termasuk? )

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta mengatakan, berbagai sumber modal digital ini tidak hanya memudahkan, tetapi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuanmu.

"Masing-masing sumber modal memiliki karakteristik dan syarat peminjaman yang berbeda, sehingga kamu bisa pilih yang paling sesuai," kata Nafan Aji saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (25/10/2020).

Adapun, mendaftar di forum pendanaan Investor adalah cara yang bisa dilakukan dalam mendapatkan modal. Di antaranya memilih tempat bertemunya pemilik usaha dengan calon pemberi dana atau investor.

Forum ini biasanya ditujukan untuk orang yang sudah memiliki usaha kecil yang relatif stabil, bukan yang belum mulai sama sekali. "Kamu bisa mendapat calon investor yang potensial, karena forum seperti ini biasanya menyeleksi anggota dengan cukup ketat," jelasnya.

(Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Ini Mampu Tahan Resesi )

Lalu, menjual brang lewat internet. Kata dia, ini adalah sumber pendanaan umum yang masih sering dilakukan. Internet dan lapak digital memudahkanmu untuk menemukan calon pembeli, bahkan jika barang yang kamu jual cukup mahal seperti barang elektronik atau kendaraan bermotor.

"Hasilnya bisa kamu jadikan modal untuk usaha kecil. Manfaatkan juga semua akun jejaring sosialmu untuk mendapat pembeli cepat," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)