Ma'ruf Amin: Dorong PEN dengan Penguatan Keuangan Syariah

loading...
Maruf Amin: Dorong PEN dengan Penguatan Keuangan Syariah
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Keuangan syariah di Indonesia memiliki ekosistem yang relatif lengkap, mulai dari peraturan perundang-undangan, regulator, pelaku usaha dan masyarakat.

Namun dalam implementasinya, peran lembaga keuangan syariah besar yang dapat menjadi jangkar bagi lembaga keuangan syariah lainnya serta keberadaan lembaga keuangan mikro syariah sebagai lembaga yang melayani masyarakat paling bawah, masih belum optimal.

Oleh karena itu, diperlukan langkah penguatan dan kebijakan, baik dari pemerintah maupun dari pelaku usaha di bidang keuangan syariah untuk memperkuat sistem ini.

“Saya memiliki keyakinan bahwa berbagai kebijakan dan langkah yang diambil oleh pemerintah dan para pelaku usaha di bidang keuangan syariah baik yang bersifat komersial maupun keuangan sosial memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi dan berperan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN)," ujar Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada acara Infobank melalui konferensi video, Selasa (27/10/2020).



(Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin: Saat Ini Tak Sedikit yang Berdakwah dengan Wajah Garang)

Dia menjelaskan, sebagai upaya nyata memperkuat kelembagaan keuangan syariah di dalam negeri dan meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global, pemerintah telah memulai proses penggabungan tiga bank syariah yang dimiliki oleh Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), yakni Bank Syariah Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah dan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah.

"Dengan telah ditanda-tanganinya CMA (Conditional Merger Agreement) maka bank syariah baru ini diharapkan dapat beroperasi penuh pada Februari 2021," ungkap dia.



(Baca juga: Ada Merger, Pemegang Saham Minoritas BRIS Bisa Untung Bisa juga Buntung)

Dia juga menambahkan, dengan bergabungnya ketiga bank syariah tersebut maka bank syariah yang baru diharapkan akan mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top