UMKM Pengguna QRIS Tembus 5 Juta Lebih, Bisa Dipakai Lintas Platform

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:55 WIB
loading...
A A A
(Baca Juga: Pandemi Covid-19 Jadi Motor Penggerak Transformasi Digital UMKM )

Berkenaan itu, dompet digital seperti DANA pun turut ambil bagian. DANA bahkan telah melakukan berbagai strategi seperti memberikan fasilitas akun bisnis, pendampingan, membantu promosi usaha kepada pelaku UMKM. Termasuk, mendukung program QRIS yang juga dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) bisa makin dikenal oleh pelaku usaha dan masyarakat.

“Jadi dari yang ditargetkan oleh BI untuk membuat sekitar 2 juta UMKM Go Digital, Dana mendapat peran untuk mendigitalisasikan 150 ribu,” kata CEO Dana Indonesia Vincent Iswara. Target 150 ribu UMKM ini kata Vincent akan dicapai pada akhir 2020.

Kunci yang pertama kata Vincent adalah membuat proses yang sangat mudah bagi UMKM, yang diwujudkan dalam produk Dana Bisnis. “Dana Bisnis adalah untuk bisa meng-on board UMKM tersebut untuk go digital dengan cara lebih cepat, dan mereka bisa langsung masuk ke ekosistem QRIS,” jelas Vincent.

Kedua, setelah tergabung dalam Dana Bisnis, UMKM akan mendapat pendampingan, antara lain dengan pelatihan tentang bagaimana melakukan transaksi, membangun branding, dan lain-lain. Ketiga, promosi. Artinya, Dana akan mempromosikan para UMKM ini yang sudah masuk ke Dana Bisnis kepada user-Dana yang saat ini sudah mencapai 45 juta.

“Kita memberitahukan ke pengguna, merchan UMKM yang sudah di-on-board di ekosistem, misalnya ada yang butuh potong rambut, kita beritahu merchant UMKM yang sudah bisa pakai QRIS,” papar Vincent lagi.

UMKM Pengguna QRIS Tembus 5 Juta Lebih, Bisa Dipakai Lintas Platform


Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijadi Pangerapan mengapresiasi hadirnya QRIS. “Dengan QRIS ini, ini enak, nggak pakai uang kembalian, nyaman, mau ke pasar, ke kaki lima kita tidak perlu pegang lagi,” kata Semuel.

QRIS menurutnya menjadi solusi, karena selain memudahkan transaksi juga sekaligus mencatatkan transaksi. Dengan pencatatan tersebut akan membantu dalam menghitung proyeksi ekonomi dan melihat lebih jelas perilaku belanja masyarakat.

Di luar hal tersebut kata Semuel, di Indonesia ada tiga hal penting sebagai syarat untuk mengantar UMKM Go Digital. Pertama infrastruktur yang belum merata dan harus terus disiapkan. “Sampai saat ini ada 12.500 desa belum mendapat akses internet,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)