Harta Almarhumah Istri Mendiang Pendiri Gudang Garam Amblas Rp19,26 Triliun Hanya dalam Beberapa Bulan

loading...
Harta Almarhumah Istri Mendiang Pendiri Gudang Garam Amblas Rp19,26 Triliun Hanya dalam Beberapa Bulan
Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Salah seorang wanita terkayadi Indonesia tutup usia. Seperti diketahui, Tan Siok Tjien, yang terkenal sebagai istri dari mendiang Surya Wonowidjojo (pendiri Gudang Garam), meninggal dunia pada hari Minggu lalu, 25 Oktober 2020, pukul 05.50 WIB, di Kediri. Wanita pemilik harta sebesar USD6,01 miliar atau setara Rp88,34 triliun ini (kurs Rp14.700) wafat pada usia 91 tahun. (Baca juga:Gokil! Jurassic Park Taman Nasional Komodo Dikebut Rampung Juni 2021)

Harta sebanyak itu didasarkan pada data Bloomberg yang rilis pada 28 Oktober lalu. Dengan jumlah kekayaan sebanyak itu, Tan Siok menempati posisi 364 sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan Tan itu tergerus cukup besar dibanding beberapa bulan lalu.

Soalnya, berdasarkanBloomberg Billionaires Index, Jumat (21/8/2020), Tan waktu itu masih mengempit kekayaan US$7,32 miliar atau Rp107,6 triliun. Dengan kekayaan sebanyak itu, waktu itu, Tan duduk di peringkat ke-4 terkaya di Indonesia, urutan 27 perempuan terkaya, dan urutan 268 orang terkaya di dunia.

Kekayaan sebanyak itu didapat almarhumah dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam, yang meninggal pada tahun 1985. Pada tahunan 2018, Tan Siok Tjien memiliki saham yang dipegang melalui perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma.



Sebelum tahun 1990, Tan Siok Tjien memiliki lebih dari 31% saham perusahaan dan tercatat sebagai pemegang saham perorangan terbesar. Pada tahun 1999 Tan Siok Tjien masih tertulis sebagai pemegang saham individu dalam laporan tahunan Gudang Garam tahun 1999, sebelum sebagian besar sahamnya dipindahkan ke perusahaan induk. (Baca juga:Persatuan, Kunci Perkuat Ekseistensi Bangsa Indonesia)

Kepergian Tan Siok Tjien akan meninggalkan harta untuk anak-anaknya. Salah satunya adalah Susilo Wonowidjojo. Susilo adalah adik dari Rachman Halim yang juga sudah tutup usia 12 tahun lalu. Susilo merupakan anak ketiga dari pemilik Gudang Garam.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top