Sejumlah Sektor Diklaim Mulai Menunjukkan Perbaikan

loading...
Sejumlah Sektor Diklaim Mulai Menunjukkan Perbaikan
Beberapa sektor, termasuk ekspor sejumlah komoditas dan konsruksi dinilai sudah mulai membaik. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah menyebutkan bahwa kinerja sejumlah sektor sudah mulai menunjukkan perbaikan. Salah satunya adalah ekspor beberapa komoditas seperti besi dan baja, pulp and waste paper, serta tekstil dan produk tekstil (TPT).

Membaiknya ekspor komoditas-komoditas tersebut ditopang dengan berlanjutnya permintaan global, terutama yang berasal dari Amerika Serikat (AS) dan China.

(Baca Juga: Gubernur BI Pede Ekonomi Membaik Tahun Depan)

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, meskipun investasi di dalam negeri terlihat masih dalam tekanan, beberapa sektor sudah mulai menunjukkan perbaikan. Dia mencontohkan sektor konstruksi seiring dengan berlanjutnya berbagai proyek-proyek strategis nasional yang mulai dilaksanakan kembali.



"Pemulihan ekonomi juga didukung oleh stabilitas dari sisi makroekonomi yang dijaga secara baik dan bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan terus mendukung proses pemulihan ekonomi yang sudah mulai berjalan dengan memobilisasi seluruh instrumen kebijakan dan aspek regulasinya," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, koordinasi kebijakan dari anggota KSSK akan diarahkan untuk mendorong pertumbuhan kredit perbankan baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan. "Kita terus menjaga stabilitas sistem keuangan," tegas Menkeu.

(Baca Juga: Jika Pelaksanaan UU Ciptaker Berjalan Benar, Kondisi Indonesia Akan Membaik)



Dia pun berharap pertumbuhan belanja rumah tangga akan turut meningkat. Bukan tanpa alasan, konsumsi masyarakat berkontribusi hingga lebih dari 30% atau menjadi penyumbang terbesar pada Produk Domestik Bruto (PDB). "Jika indikator ini tumbuh positif, maka ekonomi pun dapat pulih lebih baik dibandingkan periode sebelumnya," tandasnya.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top