Siapkan Empat Beleid, Menaker Libatkan Buruh dan Pengusaha

Jum'at, 06 November 2020 - 16:41 WIB
loading...
Siapkan Empat Beleid, Menaker Libatkan Buruh dan Pengusaha
foto/MichelleNatalia/SINDOnews
A A A
JAWA TIMUR - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa minggu lalu pihaknya sudah memulai menyertakan serikat pekerja atau serikat buruh , Apindo, dan Kadin untuk sama-sama membahas soal peraturan pemerintah sebagai turunan pelengkap UU Cipta Kerja .

"Ada empat RPP yang kami siapkan, sekarang sedang dalam proses penyusunan. Di undang-undang diberi waktu tiga bulan. Kami berusaha memaksimalkan forum dialog itu agar selesai," ujar Mentri Ida di sela0sela kunjungan kerjanya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/11/2020).

Dia pun menanggapi aksi unjuk rasa yang kian marak dari berbagai pihak terkait UU Cipta Kerja. Menurutnya, demo itu memang bagian dari hak pekerja, namun tetap memerhatikan aturan yang berlaku. ( Baca juga:Angka Pengangguran Sudah Tembus 9 Juta, Begini Tanggapan Menaker )

"Unjuk rasa atay demo adalah hak dari masyarakat, termasuk para pekerja atau mahasiswa. Saya tetap berharap teman-teman demo dengan mengikuti protokol kesehatan, tidak melakukan tindakan yang anarkis," pintanya.

Menteri Ida juga meminta semua pihak untuk lebih mendalami dan memahami UU Cipta Kerja yang baru diresmikan 2 November lalu.

"Saya mengajak untuk kalau konteksnya ketenagakerjaan maka lihatlah dengan baik UU Cipta Kerja ini. Sesungguhnya kami semaksimal mungkin mengakomodasi aspirasi dari teman-teman buruh maupun dari pengusaha," tandasnya.

Alasannya karena proses sebelum pembahasan di DPR, pihaknya sudah duduk bersama melalui forum tripartit nasional. ( Baca juga:Sebut Habib Rizieq Overstay dan Sedikit Pengikut, FPI: Mahfud Jangan Zalim )

"Dan kami tetap mengundang, mengajak bersama-sama SP dan SB, pengusaha untuk merumuskan rancangan peraturan pemerintah yang menjadi perintah UU Ciptakerja," pungkas Menteri Ida.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)