Cara Bebas Utang di Tengah Resesi

Minggu, 08 November 2020 - 06:02 WIB
loading...
Cara Bebas Utang di Tengah Resesi
Hampir setiap orang mungkin pernah berutang atau meminjam uang, entah itu ke saudara, kerabat, teman dekat, ataupun ke bank. Berutang seringkali dianggap sebagai solusi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Hampir setiap orang mungkin pernah berutang atau meminjam uang, entah itu ke saudara, kerabat, teman dekat, ataupun ke bank. Berutang seringkali dianggap sebagai solusi ketika seseorang dihadapkan pada masalah keuangan .

(Baca Juga: Kelola Kartu Kredit Agar Tagihan Tak Mencekik, Gini Caranya )

Apalagi saat ini, Indonesia sudah mengalami resesi yang mana banyak orang yang akan melakukan pinjaman utang akibat ekonomi yang berkurang. Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, langkah pertama agar terbebas dari utang dan tidak menumpuk yaitu mengidentifikasi utang dan membuat rencana untuk segera memangkas utang dan melunasinya secara bertahap.

"Melakukan evaluasi terhadap pengeluaran dan pemasukan merupakan hal pertama yang penting agar mendapatkan gambaran mengenai kondisi keuangan yang sebenarnya," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta.

Lalu, menekan pengeluaran semaksimal mungkin, sehingga punya uang lebih untuk membayar utang. "Kalau enggak ada utang kita bebas tanpa ada masalah," ungkapnya.

(Baca Juga: Peluang Berkarier di Kala Pandemi, Kesempatan atau Hambatan? )

Selain itu Ia menyarankan jual barang-barang, jika uang terbatas maka akali dengan menjual barang berharga atau investasi, yang ada saat ini. "Misalnya kalau punya tanah, kendaraan, atau barang berharga, maka jual yang nilainya bisa membayar sisa utang yang harus dituntaskan," bebernya.

Serta berhenti untuk mencari utang baru. Terkadang orang berpikir untuk meminjam uang pada seseorang atau lembaga, demi membayar utang yang sudah menumpuk. "Kita membuat hidup kamu selalu dikelilingi utang, dan ujung-ujungnya membuat stress," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)