Perry Kasih Kabar Baik, Ekonomi Domestik Semester II Perlahan Pulih

Rabu, 11 November 2020 - 23:49 WIB
loading...
Perry Kasih Kabar Baik, Ekonomi Domestik Semester II Perlahan Pulih
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo melanjutkan, indikasi perbaikan perekonomian global pada Semester II sudah mulai terlihat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Peningkatan kasus Covid-19 mengharuskan pemerintah di berbagai negara mengambil kebijakan pembatasan aktivitas sosial. Hal tersebut mengakibatkan melemahnya permintaan dan suplai barang dan jasa, serta menurunnya aktivitas perdagangan global.

"Sebagai dampaknya, harga komoditas melemah tajam. Pertumbuhan ekonomi global semester I 2020, khususnya kuartal II 2020 terkontraksi sangat tajam," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

(Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Mulai Pulih di Kuartal II/2021 )

Selain dari sisi permintaan, korporasi juga menghadapi permasalahan dari sisi penawaran. Meski demikian, berbagai langkah kebijakan yang terkoordinasi antara Pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah berhasil menjaga stabilitas sistem keuangan Semester I 2020.

Di sektor perbankan, ketahanan likuiditas sangat baik tercermin dari rasio likuiditas yang tinggi, risiko kredit tetap terkendali, dan rasio modal yang memadai. Di pasar keuangan dan pasar modal, sambung dia, perilaku risk off investor yang terjadi di Maret dan April 2020 telah mereda, seiring mulai pulihnya optimisme investor terhadap langkah-langkah kebijakan yang telah ditempuh.

Adapun di sisi korporasi dan rumah tangga, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berdampak pada terhambatnya mobilitas manusia dan barang memberikan tekanan pada kinerja korporasi dan rumah tangga, namun tekanan diperkirakan menurun seiring pelonggaran PSBB.

Perry melanjutkan, indikasi perbaikan perekonomian global pada Semester II sudah mulai terlihat didorong oleh pulihnya aktivitas perekonomian di Tiongkok.

Sementara di domestik, perkembangan mobilitas masyarakat sebagai dampak pelonggaran PSBB, peningkatan realisasi APBN sebagai stimulus kebijakan fiskal, berlanjutnya stimulus kebijakan moneter, kemajuan dalam restrukturisasi kredit, serta percepatan ekonomi dan keuangan digital (EKD), dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memberikan optimisme perbaikan perekonomian.

"Perekonomian domestik diperkirakan membaik pada semester II 2020 setelah terkontraksi pada kuartal II 2020," kata Perry.

(Baca Juga: Pulihkan Ekonomi, Sri Mulyani Punya Jurus Beda dengan Negara Lain )

Ke depan, stabilitas sistem keuangan terindikasi makin terjaga sejalan dengan berkurangnya tekanan pada sektor riil yang berdampak positif pada kinerja perbankan.

Sebagai langkah antisipasi akan terjadinya gelombang kedua pandemi covid19, BI pun akan terus mencermati dinamika perekonomian dan perkembangan penyebaran Covid-19 dalam merumuskan langkah-langkah kebijakan lanjutan yang diperlukan, sehingga potensi dampak terhadap perekonomian Indonesia dapat diminimalisir.

"BI juga akan mempertahankan kebijakan makroprudensial akomodatif untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Koordinasi kebijakan juga akan semakin diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional, baik antar otoritas sektor keuangan di domestik dalam kerangka KSSK, maupun dengan otoritas lainnya di internasional," tukas dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)