Pacu UMKM Lokal, Dekranas Gelar Pengembangan Wirausaha di Mandalika

Kamis, 12 November 2020 - 10:21 WIB
loading...
Pacu UMKM Lokal, Dekranas Gelar Pengembangan Wirausaha di Mandalika
Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub Endang Budi Karya di sela pelatihan wirausaha kepada para perajin pemula UMKM di Mandalika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar pelatihan wirausaha kepada para perajin pemula sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Mandalika. Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub Endang Budi Karya mengatakan, pengembangan wisata Mandalika akan terus didorong tidak hanya dari sisi infrastruktur.

(Baca Juga: UMKM Masuk Bandara, AP I Buka Pintu Makin Lebar)

"Saya kira penting memberikan pembinaan dan pengembangan UKM Pengrajin di Mandalika ini. Kita sangat berharap peran Dekranasda provinsi, Kabupaten dan Kota di Nusa Tenggara Barat bisa terus menggali ppotensi produk kerajinannya sehingga bisa dikembangkan dengan lebih kreatif," ungkapnya, Rabu (11/11/2020) malam.

Pelatihan digelar kepada 100 peserta wirausaha kecil dan menegah dengan harapan para peserta bisa mandiri dan kreatif, termasuk bagaimana melakukan promosi distribusi dan pemasaran. Adapun pelatihan yang digelar meliputi kerajinan kain Indonesia atau wastra membuat aneka tas, topi pantai, seminar kit, kaos masker. "Selain itu ada juga aneka kerajinan kerang, patung serta bagaimana membuat kaos dengan disain menarik khas lokal," imbuhnya.

(Baca Juga: Bos BI Optimistis UU Ciptaker Akan Berdayakan Bisnis UMKM)

Endang Budi Karya mengingatkan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi desain namun tetap mempertahankan identitas tradisional. "Karena tren desain produk kerajinan sangat cepat berubah peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional agar tetap harmoni dengan kekinian sehingga produk kerajinan menjadi produk yang sangat diminati dan mampu bersaing di pasar," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)