Luhut Sebut Indonesia Sudah Keluar dari Resesi, Ini Alasannya

Jum'at, 13 November 2020 - 01:01 WIB
loading...
Luhut Sebut Indonesia Sudah Keluar dari Resesi, Ini Alasannya
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Dok Kemenko Marves
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memastikan Indonesia sudah keluar dari resesi ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19.

Sebelumnya, ekonomi Indonesia mengalami resesi setelah rilis pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 yang kembali terkontraksi.

"Merujuk pada perbaikan dari kontraksi ekonomi per kuartal kita sudah mulai keluar dari resesi, dari kontraksi 5,32% (kuartal II) kemarin hanya 3,49%. Angka ini saya kira sudah bagus," ujar dia dalam webinar secara virtual, Kamis (12/11/2020).

(Baca juga: Pipa Transmisi Ruas Dumai-Sei Mangke Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera )

Dia juga menjelaskan dari data pertumbuhan ekonomi kuartalan tersebut, sudah menunjukkan perbaikan. Pihaknya juga yakin tidak ada masalah likuditas yang berarti di semua bank baik dari buku I, II, III hingga IV. "Jadi yang lebih penting lagi semua bank buku 1 hingga 4 tidak ada masalah dengan cashflow di dalam," jelasnya.

(Baca juga: Kasus Pembobolan Nasabah Maybank, Bos OJK: Ada Sesuatu )

Menurut dia, ketersediaan dana pemerintah sudah cukup untuk menghadapi sisa dampak dari pandemi. Di mana secara ekonomi, kondisi Indonesia sudah membaik. "Ketersediaan dana itu juga cukup. Sehingga kita betul-betul dalam konteks ekonomi sudah membaik," tandas dia.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2343 seconds (10.177#12.26)