Jokowi Dorong ASEAN Gaet Jepang dalam Pemulihan Ekonomi Kawasan

Jum'at, 13 November 2020 - 02:02 WIB
loading...
Jokowi Dorong ASEAN Gaet Jepang dalam Pemulihan Ekonomi Kawasan
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang yang dilaksanakan secara virtual, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kerjasama diantara negara-negara di Kawasan ASEAN untuk menggerakkan perekonomian tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Jokowi juga mengajak Jepang untuk bekerja bersama-sama negara kawasan ASEAN . Hal ini mengingat potensi besar yang dimiliki kedua pihak.

"Tahun 2019 misalnya, investasi Jepang di ASEAN mencapai USD20,3 miliar, terbesar kedua di Kawasan. Volume perdagangan ASEAN-Jepang mencapai USD225,9 miliar. Kunjungan wisatawan antara keduanya mencapai sekitar 10 juta orang," katanya, Kamis (12/11/2020).

( )

Menurutnya ada dua langkah kerjasama yang bisa dilakukan antara ASEAN dengan Jepang terkait ini. Pertama adalah bekerja sama untuk percepatan pemulihan ekonomi itu sendiri. Jokowi menyebut ASEAN dapat menjadi mitra utama Jepang dalam diversifikasi rantai pasokan sekaligus perluasan investasi.

"Pandemi juga mengajarkan kita bahwa ketahanan ekonomi sangat terkait erat dengan ketahanan kesehatan. Penguatan sistem ketahanan kesehatan harus menjadi prioritas kerja sama ASEAN dan Jepang," ungkapnya.

Kedua, ASEAN dan Jepang dapat bekerja sama untuk meningkatkan strategic trust dengan menciptakan situasi yang kondusif di kawasan. Sebab, stabilitas keamanan menjadi prasyarat bagi bergeraknya roda perekonomian.

“Di tengah keterpurukan global, saat ini tidak ada ruang untuk trust deficit. Sebaliknya, strategic trust harus terus dipertebal," ujarnya.

( )

Jokowi yakin bahwa hal tersebut dapat dicapai apabila masing-masing pihak mengedepankan paradigma win-win dan berkolaborasi satu sama lain. ASEAN dan Jepang sendiri dapat menjalin kerja sama yang lebih konkret melalui kerangka ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)