Geologi Penting Dalam Peningkatan Cadangan Migas

Kamis, 19 November 2020 - 07:29 WIB
loading...
Geologi Penting Dalam Peningkatan Cadangan Migas
Eksplorasi atau pencarian cadangan baru menjadi kunci keberhasilan produksi migas di dalam negeri. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Eksplorasi atau pencarian cadangan baru menjadi kunci keberhasilan produksi migas di dalam negeri. Tanpa eksplorasi, produksi migas nasional akan mengalami penurunan secara alami.

Guru besar (emeritus) bidang geologi pada Institut Teknologi Bandung (ITB), RP Koesoemadinata, mengungkapkan, temuan baru cadangan migas sangat diperlukan jika ingin meningkatkan produksi migas nasional. Untuk mendukungnya perlu data-data geologi dan penelitian yang bisa digunakan oleh pemerintah maupun perusahaan-perusahaan migas. (Baca: Enam Jenis Bisikan Setan yang Merasuki Manusia)

Koesoemadinata yang dikenal sebagai ”Bapak Geologi Migas Indonesia” menyampaikan hal tersebut saat peluncuran buku The Introduction into The Geology of Indonesia di Jakarta awal pekan ini.

Dalam buku tersebut Koesoemadinata merangkum data-data geologi yang terkumpul selama 75 tahun kemerdekaan. Dari hasil kajian geologi, hasil eksplorasi, dan hasil penelitian khusus. "Saya harapkan buku ini bisa bermanfaat bagi eksplorasi sumber daya bumi, yang sedang berlangsung sekarang maupun yang masa mendatang," ujarnya melalui aplikasi meeting virtual awal pekan ini.

Ketua Ikatan Alumni Teknik Geologi ITB Nanang Abdul Manaf, selaku penerbit buku tersebut, mengatakan, sangat sedikit buku yang ditulis oleh orang Indonesia, padahal penelitian atau paper yang dibuat, baik oleh kalangan industri, perguruan tinggi atau institusi penelitian, sudah cukup banyak, namun sifatnya parsial dan tidak komprehensif. “Ini dedikasi, kerja keras, fokus, dan konsistensi beliau sehingga berhasil menyelesaikan bukunya dalam perjalanan prosesnya hampir 10 tahun,” ujarnya. (Baca juga: Subsidi Gaji 2,4 Juta Guru Non-PNS Cair)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang hadir secara online pada peluncuran buku itu mengatakan, buku Koesoemadinata diharapkan membantu pemerintah untuk eksplorasi dan pengelolaan sumber energi demi kesejahteraan masyarakat.

Menurut Arifin, geologi memiliki peran penting dalam meningkatkan cadangan minyak dan gas serta mineral batubara. Geologi juga memberikan informasi dasar untuk kegiatan eksplorasi di sektor energi dan sumber daya mineral. (Lihat videonya: Pemerintah Austria Kembali Putuskan untuk Lockdown kedua)

“Melalui eksplorasi yang masif kita berharap ditemukan cadangan baru. Kita memerlukan cadangan besar, giant discovery, untuk menjaga agar produksi minyak tidak turun akibat lapangan yang sudah tua. Buku karya Prof Koesoema ini sangat menginspirasi, apalagi banyak putra-putri didikan beliau yang bekerja di bidang geologi di Tanah Air,” ujar Arifin. (Yanto Kusdiantono)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)