Janji China, Siap Pangkas Tarif dan Genjot Impor Barang dan Jasa

Kamis, 19 November 2020 - 14:20 WIB
loading...
Janji China, Siap Pangkas Tarif dan Genjot Impor Barang dan Jasa
China menegaskan untuk terus meningkatkan impor barang dan jasa berkualitas sekaligus meningkatkan kerja sama dagang dengan negara lain. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - China akan terus memangkas tarifnya dan memperluas impor barang dan jasa berkualitas tinggi. Presiden China Xi Jinping juga berjanji untuk mendorong reformasi dan mempromosikan model pertumbuhan yang digerakkan oleh inovasi.

"Kami selanjutnya akan mengurangi tarif dan biaya kelembagaan, dan memperluas impor produk dan layanan berkualitas tinggi dari semua negara," kata Xi dalam pidato yang disampaikan melalui video pada Dialog CEO APEC, menjelang pertemuan puncak virtual para pemimpin tentang masa depan kerja sama internasional, seperti dilansir Reuters, Kamis (19/11/2020).

(Baca Juga: Kebangkitan Ekonomi China dan Jepang Akan Menolong Negara Lain)

China, lanjut dia, akan mengejar pertumbuhan berkualitas lebih tinggi melalui model pembangunan "sirkulasi ganda", yang didorong oleh inovasi teknologi. Xi juga menyerukan koordinasi kebijakan yang lebih kuat di antara komunitas internasional dan mengatakan bahwa globalisasi "tidak dapat diubah" dan bahwa China tidak akan terlibat dalam "pemisahan".

"Pola perkembangan baru kami bukanlah sirkulasi tunggal domestik tertutup, tetapi sirkulasi ganda domestik dan internasional yang terbuka dan saling mempromosikan," kata Xi.

Strategi "sirkulasi ganda" membayangkan bahwa fase pembangunan China selanjutnya akan bergantung terutama pada "sirkulasi domestik" atau siklus internal produksi, distribusi dan konsumsi, yang didukung oleh inovasi teknologi dalam negeri.

(Baca Juga: Blok Perdagangan Terbesar di Dunia Terbentuk, Apakah Kepanjangan Tangan China?)

Xi juga mengatakan China akan menandatangani pakta perdagangan bebas dengan lebih banyak negara dan akan mempromosikan inisiatif Sabuk dan Jalan berkualitas tinggi.

Pada pertemuan penting bulan lalu, Xi dan para pemimpin lainnya menyusun cetak biru untuk rencana lima tahun China dan tujuan utama untuk 15 tahun ke depan. Itu termasuk tujuan untuk mengubah China menjadi negara "berpenghasilan tinggi" pada tahun 2025 dan maju menjadi negara "cukup berkembang" pada tahun 2035.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)