Bukopin Bidik Posisi 10 Bank Teratas

Senin, 23 November 2020 - 10:35 WIB
loading...
Bukopin Bidik Posisi 10 Bank Teratas
Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Rivan A Purwantono. Foto/Koran SINDO/Astra Bonardo
A A A
JAKARTA - KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali (PSP) berencana menjadikan PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) sebagai 10 bank teratas di Indonesia pada 2025. Rencana ini ditopang oleh potensi bisnis Bank Bukopin ke depan satu di antaranya nasabah asal Korea Selatan, baik individu maupun korporasi.

Berdasarkan informasi yang tercatat di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), saat ini investor asal Negeri Ginseng memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap pasar di Indonesia. Berdasarkan catatan BKPM periode Januari—Oktober 2020, investor asal Korea Selatan masuk dalam lima besar negara yang berinvestasi di Indonesia dengan nilai investasi mencapai USD1,1 miliar atau mengalami peningkatan dibandingkan periode Januari—September yang baru mencapai USD683 juta. (Baca: Ini Perbedaan Muslim dan Mukmin, Kamu Pilih Mana?)

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Achmad Purwantono mengatakan, masuk dan berkembangnya perusahaan-perusahaan Korea Selatan di Indonesia menjadi potensi besar bagi perseroan untuk memperluas pasarnya melalui dukungan KB Kookmin Bank. “Sebagai salah satu bank terbesar di Korea dengan jaringan KB Kookmin Bank telah memberikan market baru bagi Bank Bukopin untuk dapat meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) dari Korean Link Business (korporasi Korea dan high net worth individual (HNWI) dengan memobilisasi Korean Link Business/Korean Desk,” kata Rivan di Jakarta kemarin.

Menurut Rivan, hal ini terbukti dengan peningkatan DPK Bank Bukopin yang naik signifikan. Tercatat dalam dua bulan saja simpanan atau DPK dari nasabah asal Korea Selatan mengalami penambahan sebanyak Rp1,6 triliun.

Dia menuturkan, banyaknya nasabah asal Korea Selatan yang menjadi nasabah Bank Bukopin menjadi bukti tingginya kepercayaan dan kredibilitas Kookmin Bank di pasar keuangan global, khususnya di Korea Selatan. “Hal ini juga menjadi bagian dari strategi Bank Bukopin dalam melakukan diferensiasi pendanaan sebagai salah satu fokus transformasi bisnis perusahaan,” ungkap Rivan. (Lihat videonya: Ratusan Pengunjuk Rasa Bakar Gedung Kongres Guatemala)

Sejalan dengan rencana dan potensi yang dimiliki, lanjut dia, Kookmin Bank melakukan transformasi Bank Bukopin. KB Kookmin akan bersinergi dan memanfaatkan keahlian yang dimilikinya untuk merestrukturisasi model bisnis dan struktur organisasi Bank Bukopin. (Rakhmat Baihaqi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)