Terungkap! Begini Cara Pemerintah Mengembalikan Utang Luar Negeri yang Terus Numpuk

Senin, 30 November 2020 - 11:32 WIB
loading...
Terungkap! Begini Cara Pemerintah Mengembalikan Utang Luar Negeri yang Terus Numpuk
Ilustrasi uang. FOTO/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan terus mencari utang ke luar negeri guna menangani pandemi Covid-19 hingga memulihkan ekonomi. Pasalnya apabila hanya mengandalkan APBN dipastikan tidak cukup.

"Belanja tetap dijaga tapi kalau pemasukan tidak cukup kita harus berhutang, karena kebutuhan banyak. Ini gara-gara covid-19. Sebab itu kita harus menjaga belanja agar tetap efisien dan tidak dikorupsi," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, saat video virtual, di Jakarta, Senin (30/11/2020).



Dia mengungkapkan hutang ini untuk memperbaiki ekonomi Indonesia dari tekanan Covid-19. Di antaranya, pemerintah sudah menganggarkan kesehatan Rp97 triliun dan memberikan masyarakat perlindungan sosial. "Apa itu perlindungan sosial? masyarakat miskin yang diberikan pemerintah bantuan bisa uang maupun sembako," katanya.

Tidak hanya itu, keringanan tarif listrik agar masyarakat bisa memperoleh listrik murah karena aktivitas banyak dilakukan di rumah. "Jadi kita juga memberikan kuota internet dan usaha kecil kita kasih bantuan karena mereka susah jualan usaha," katanya.



Untuk itu, pemerintah berjanji akan mengelola hutang dengan tepat dan dipastikan pemerintah bisa mengembalikan utang d ari pajak. "Kalau kita kekurangan untuk pendapatan kita berhutang dan hutangnya kita jaga dan kita kembalikan lagi utangnya dari pembayaran pajak," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)