Berbekal Pengalaman Setengah Abad, Mitsubishi Fuso Optimistis Lewati Pandemi

Sabtu, 05 Desember 2020 - 23:08 WIB
loading...
A A A
Selama ini, truk berlogo tiga berlian itu, kata dia, banyak digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan seperti sawit di Sumatera Utara. ”Sedangkan Kalimantan dan Sulawesi dari pertambangan Nikel dan Bauksit,”ungkap Duljatmono. Dia pun mengakui ada penurunan penjualan selama masa pandemi Covid-19. Namun, berbekal pengalaman selama 50 tahun sebagai penyedia kendaraan niaga, Mitsubishi Fuso masih berhasil merengkuh market leader.

Dari catatan Gaikindo, penjualan kendaaan niaga pada periode Januari hingga Oktober 2020 mencapai 39.062 unit. Turun hampir separuh dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 77.662 unit. Pada Januari hingga Oktober 2020, Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan penjualan 19.007 unit dengan menguasai market share 48,7% di pasar kendaraan niaga di Indonesia. Naik dibandingkan periode yang sama tahun 2019, yang hanya 43,5%. Duljatmono mengungkapkan, beragam strategi dilakukan untuk agar Mitsubishi Fuso mampu melewati pandemi Covid-19. Salah satunya yakni meluncurkan paket penjualan service dan spare part melalui Official Store Mitsubishi Fuso di platform marketplace Tokopedia.

(Baca Juga : Service dan Beli Spare Part Mitsubishi Fuso Bisa Lewat Tokopedia )

Tak hanya menjual paket service dan sparepart saja, tetapi KTB juga menjual truk di Tokopedia. Untuk melakukan transasksi pembelian, pertama-tama pelanggan harus memilih area sesuai domisili. Ada 8 area yang meliputi seluruh wilayah di Indonesia. Kemudian pelanggan memilih diler yang tersedia pada area yang telah di pilih, saat ini terdapat 24 Group Dealer Mitsubishi Fuso di Indonesia. Selain mempermudah akses bagi konsumen, kehadiran Official Store Tokopedia diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada kinerja penjualan Mitsubishi Fuso. Tak hanya itu, sebagai istributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, KTB juga memanjakan pelanggannya di masa pandemi dengan Mobile Workshop Service (MWS).

Dengan armada Mitsubishi Triton S.C 4x4 yang spesifikasi tools dan equipment-nya sudah disesuaikan dengan kebutuhan di area pertambangan. Kendaraan four wheels drive ini dirancang untuk mendukung kegiatan di wilayah tambang dengan medan ekstrem. Disesuaikan dengan kebutuhan konsumen fleet Mitsubishi Fuso yang bisnisnya berada di area pertambangan di kota Pontianak dan sekitarnya. Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat menjadi pasar potensial terbesar Mitsubisi Fuso tipe Fighter.

(Baca Juga : Tarik 22 Dealer, Mitsubishi FUSO Resmi Buka Showroom Online )

Di wilayah ini, Mitsubishi Fuso menguasai market share sebesar 61,8%. Sementara di kelas medium duty truck (MDT), produk Fuso Maru-P dan Fighter meraih pangsa pasar 53,2% dan 64,2% di kelas light duty truck. Kondisi ini akan terus ditingkatkan karena banyaknya potensi di industri pertambangan serta perkebunan yang memanfaatkan Mitsubishi Fuso tipe Fighter untuk aktivitasnya. Kehadiran MWS ini diharapkan menjadi nilai lebih bagi pelanggan Fuso Fighter. KTB menilai, adanya pandemi yang melanda Indonesia saat ini menjadikan MWS sebagai solusi bisnis yang efektif bagi para pengusaha dalam melakukan servis kendaraan.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2005 lalu, MWS dimanfaatkan oleh diler-diler Mitsubishi Fuso untuk memberikan fasilitas perbaikan dan perawatan kendaraan di luar bengkel diler. Bengkel berjalan ini dilengkapi dengan peralatan servis yang sangat memadai sehingga dapat melakukan perawatan ringan hingga sedang untuk semua jenis kendaraan Mitsubishi Fuso dimanapun konsumen berada.

Sejak pandemi Covid-19 serta penerapan PSBB, ruang gerak pemilik Mitsubishi Fuso menjadi terbatas meski beberapa sektor bisnis tetap berjalan, sehingga KTB berinisiatif mengambil langkah-langkah proaktif untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan guna meminimalisir down-time armada konsumen. KTB juga memanfaatkan platform digital dengan berbagi pengetahuan terkait, produk, fasilitas, suku cadang, inspeksi harian, aplikasi Runner Telematics, hingga teknologi Common Rail bagi para pelanggannya.

KTB juga menyediakan konsultasi layanan purna jual seperti manajemen bengkel, program dan fasilitas pendukung layanan purna jual, hingga pelatihan khusus untuk pelanggan. Dengan serangkain program yang digelar selama pandemi Covid-19 dan pengalaman selama setengah abad di industri kendaraan niaga, KTB optimistis mampu melewati pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)