Vaksin Covid-19 Tiba, Menkes Lakukan Pemeriksaan Fisik

Senin, 07 Desember 2020 - 10:15 WIB
loading...
Vaksin Covid-19 Tiba, Menkes Lakukan Pemeriksaan Fisik
Foto/Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan akan melakukan pemeriksaan mengenai kedatangan vaksin Covid-19 . Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, pemeriksaan fisik dilakukan terhadap vaksin yang telah tiba di Indonesia.

"Packing salah satu bagian untuk pemeriksaan vaksin dan masuk dokumen vaksin arival report. Lalu dokumen itu kita lakukan dengan baik dan benar sesuai hasil pemeriksaaan fisik vaksin," kata Agus dalam video virtual, Senin (7/12/20). ( Baca juga:Enam Vaksin yang Bakal Jadi Perisai Indonesia Menumpas COVID-19 )

Kata dia, pemeriksaan fisik barang akan dilakukan secara teliti dan cermat. Jadi, jika ada vaksin yang rusak saat tiba bisa langsung dilaporkan oleh distributor.

"Sehingga kita yakin status vaksin diterima dengan baik tidak ada kemasan yang rusak dan suhu perjalanan sesuai dengan prosedur. Kalau ada barang yang rusak kita akan segera laporkan ke penyedia vaksin dengan melampirkan arrival reportnya," kata Terawan.

Selanjutnya, Bio Farma memastikan kendaranan pendingin dengan kondisi baik saat membawa vaksin Covid-19. Nantinya vaksin akan dipindahkan ke gudang vaksin yang sudah disediakan. ( Baca juga:Jokowi: 15 Juta Vaksin Akan datang Lagi Bulan Ini )

"Monitoring pendinginan dari bandara ke gudang vaksin dapat terjaga baik dan gudang vaksin disiapkan dengan kapasitas penampungan yang seusai standar operasional manajemen rantai dingin," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4225 seconds (0.1#10.140)