Ngisi BBM Tertentu Bakal Dicatat Nomor Polisi Kendaraan, Nah Loh?

Senin, 07 Desember 2020 - 21:57 WIB
loading...
Ngisi BBM Tertentu Bakal Dicatat Nomor Polisi Kendaraan, Nah Loh?
Setiap SPBU akan mencatat nomor polisi (nompol) kendaraan yang mengisi JBT. Dalam hal ini, tidak nompol kendaraan saja tapi meliputi jenis BBM, besaran transaksi, hingga nomor telepon pemilik kendaraan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga, Jumali mengatakan, bahwa pihaknya akan memberikan sanksi kepada SPBU yang tidak mencatat transaksi dalam jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu (JBT). Salah satu tujuan pencatatan ini agar dapat meminalisir kebocoran.

"Kita akan memberikan sanksi kepada SPBU bagi yang tidak mencatat, tapi memang perlu sosialisasi ke mereka dulu. Ini butuh kerjasama dari semua pihak. Konsumen juga harus sadar, kalau dia perlu dicatat nomor polisinya, harusnya mau dicatat," katanya dalam konferensi pers soft launching dasboard monitoring JBT pada digitalisasi SPBU, Senin (7/12/2020).

(Baca Juga: Awas! Selewengkan BBM, SPBU Nakal Bisa Ketahuan Lho..! )

Ia menjelaskan, setiap SPBU akan mencatat nomor polisi (nompol) kendaraan yang mengisi JBT. Dalam hal ini, tidak nompol kendaraan saja tapi meliputi jenis BBM, besaran transaksi, hingga nomor telepon pemilik kendaraan.

"Cara monitoring siapa yang beli solar JBT akan dicatat nopol-nya, sehingga akan ketahuan si A beli berapa, di mana, kapan, sebelum ada sistem ini tidak ada yang tahu, tidak ada alat yang bisa monitor," terangnya.

Pencatatan transaksi dalam JBT ini diperlukan untuk mengetahui besarnya volume yang disalurkan. Pasalnya, BPH Migas sudah mengendus adanya kebocoran dalam penyaluran BBM bersubsidi.

"Adanya digitalisasi SPBU ini kita akan mendapatkan informasi rinci, datanya berapa, sehingga bisa meminimalisir kebocoran penyaluran BBM," ujar Patuan Alfon, Direktur BBM BPH Migas .

(Baca Juga: Digitalisasi SPBU, Pengisian BBM Lebih Akurat )

Sayangnya, Alfon belum mau membeberkan data berapa potensi kebocoran tersebut. Namun, Ia meyakini dengan digitalisasi SPBU dapat mengurangi kebocoran BBM bersubsidi.

Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Edi Witjara menambahkan, bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk gencar melakukan transformasi digital agar dapat bermanfaat bagi pengawasan penyaluran BBM.

"Kami akan cepat dan konsisten dalam pembangunan infrastruktur digital. Untuk memberikan dampak yang baik, salah satunya dengan program digitalisasi SPBU," terangnya.

Sekedar informasi, BPH Migas bersinergi dengan PT Pertamina dan PT Telkom Indonesia meluncurkan platform digitalisasi SPBU. Rencananya, seluruh SPBU yang ada di tanah air akan digitalisasi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0960 seconds (0.1#10.140)