Makin Ekspansif, Baba Rafi Buka Gerai Kesepuluh di India

Selasa, 08 Desember 2020 - 00:02 WIB
loading...
Makin Ekspansif, Baba Rafi  Buka Gerai Kesepuluh di India
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Waralaba kebab asal Indonesia, Baba Rafi, kembali melebarkan sayap dengan menambah lagi gerai internasionalnya. Setelah membuka gerai di sembilan negara, kini giliran India menjadi negara ke-10 bagi jaringan waralaba yang dirintis oleh Hendy Setiono ini. Kali ini, Baba Rafi Group menggandeng salah satu perusahaan India sebagai pemegang lisensi waralabanya.

“Meskipun sempat tertunda cukup lama karena pandemi, tapi kami bersyukur sekali karena masih diberi kepercayaan dan kesempatan untuk melebarkan sayap dan menambah gerai internasional kami di India. Kami berharap ini menjadi kesempatan yang baru untuk menjangkau lebih banyak lagi pencinta kebab di seluruh dunia.” ( Baca juga:Covid-19 Belum Reda, Penyakit Misterius Serang 350 Orang di India )

Dalam kesempatan terpisah, Suman Mondal, salah satu partner Baba Rafi di India, juga mengungkapkan hal senada. Menurut Suman, pihaknya berencana membuka hingga 100 outlet di India.

“Kami juga berharap kami dapat membawa Baba Rafi menjadi brand kebab terbesar di India dengan membuka lebih banyak outlet. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga kota-kota berkembang di sekitar,” kata Suman.

India merupakan negara dengan populasi terbesar kedua di dunia dan dinilai merupakan market yang sangat besar untuk bisnis makanan. Selain itu, karakteristik demografi untuk masyarakat India hampir sama dengan masyarakat di Indonesia.

Kesamaan itulah yang membuat Baba Rafi Group yakin bahwa produk Baba Rafi dapat diterima di India dan bisnis Baba Rafi dapat berkembang pesat di sana. Kendala perbedaan selera masyarakat lokal selalu menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis-bisnis kuliner yang hendak mengembangkan bisnisnya di luar negeri. ( Baca juga:6 Jenazah Laskar FPI yang Ditembak Ada di RS Polri Kramat Jati )

Namun hal ini dapat diatasi dengan baik oleh Baba Rafi Group. Salah satunya dengan mengganti bahan baku utama dengan daging ayam dan daging kambing. Saus dan bumbu yang digunakan pun juga disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat tanpa menghilangkan cita rasa dan karakter khas kebab Baba Rafi.

Salah satu menu yang diunggulkan yang menjadi menu signature di India ialah kebab dengan tortilla hitam, atau yang biasa disebut dengan black kebab. Menu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat India. Selain warna yang unik, banyak manfaat yang terkandung dalam charcoal yang menjadi salah satu bahan dalam pembuatan black kebab.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)