Menatap Era Industri 4.0, Peruri Mendorong Aktivitas Riset dan Inovasi

Kamis, 10 Desember 2020 - 23:35 WIB
loading...
Menatap Era Industri 4.0, Peruri Mendorong Aktivitas Riset dan Inovasi
Menjelang akhir 2020, Peruri meluncurkan wadah riset, pengembangan dan inovasi yang bernama Peruri Research Institute for Authenticity (PRIfA) untuk bisnis di era industri 4.0 ke depan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir 2020, Peruri meluncurkan wadah riset , pengembangan dan inovasi yang bernama Peruri Research Institute for Authenticity (PRIfA) di Kantor Peruri Jakarta. Bersamaan dengan acara ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) secara daring yang menghubungkan beberapa kota dan negara.

Pada sesi pertama, penandatanganan dilakukan oleh Peruri dengan beberapa perguruan tinggi yakni UGM, UNDIP dan USU tentang Integrasi dan Sinergi Riset. Dalam kesempatan sebelumnya, Peruri terlebih dahulu telah melakukan penandatanganan MoU dengan ITB dan UNPAD yang di dalamnya juga mencakup kerja sama riset.

(Baca Juga: Peruri dan Perum PNRI Resmikan AKHLAK sebagai New Core Values )

Sesi selanjutnya, penandatanganan MoU dilakukan oleh Peruri dengan Sicpa Swiss dan Giesecke+Devrient Jerman sebagai mitra industri tentang Riset dan Pengembangan.

Hadir pada acara ini yaitu seluruh Direksi Peruri, jajaran Dewan Pengawas Peruri, Deputi Bidang SDM dan TI Kementerian BUMN, Alex Denni, Dirjen Dikti Kemendikbud, Prof. Nizam, Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, Rektor UNDIP, Prof. Yos Johan Utama, Wakil Rektor USU, Prof. Mahyuddin Nasution, Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Taufiq Hidayat, Direktur Tata Kelola, Legal dan Komunikasi UNPAD, Dr. Isis Ikhwansyah, perwakilan Sicpa Swiss, Mr. P. Degott dan Mr. Y-K Haenni serta perwakilan Giesecke+Devrient Jerman, Mr. Karl-Heinz Strasser dan Mr. Thomas Giering;

Di samping itu, Menteri BUMN RI, Erick Thohir turut menyampaikan, apresiasinya kepada Peruri atas peluncuran Peruri Research Institute for Authenticity untuk menjadi lembaga riset terpercaya berkelas dunia yang kompetitif, inovatif dan memberikan nilai tambah terhadap bisnis Peruri.

“Kami berharap hal ini dapat memperkokoh kemandirian, daya saing dan keberlanjutan Peruri. Terima kasih kepada Peruri, beberapa perguruan tinggi dan global company yang telah menjalin kolaborasi yang positif untuk mewujudkan Indonesia yang berdaya saing tinggi,” kata Erick Thohir melalui tayangan video.

“Kami menyambut baik atas diluncurkannya Peruri Research Institute for Authenticity dan berharap bisa terjadi sinergi antara dunia usaha dan perguruan tinggi. Para akademisi tentunya akan sangat senang dengan adanya badan riset di bidang autentikasi yang saat ini sedang gencar dilakukan penelitian di bidang digital, artificial intelligent, big data dan lainnya,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Nizam.

Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengatakan, dalam sambutannya demi terus meningkatkan kapabilitasnya, Peruri memiliki visi ke depan untuk memiliki wadah yang dapat menjadi muara bagi seluruh kegiatan penelitian, pengembangan dan inovasi demi memastikan keberlanjutan eksistensi bisnis Peruri ke depan.

"Sehingga, adanya PRIfA sebagai wadah untuk menjalankan program-program riset, pengembangan dan inovasi diharapkan dapat menjadi bekal bagi Peruri untuk mengembangkan bisnis di era industri 4.0 ke depan," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)