Jos Gandos! Alat Deteksi Covid Lewat Embusan Napas Buatan UGM Siap Diproduksi Massal

Jum'at, 11 Desember 2020 - 18:31 WIB
loading...
Jos Gandos! Alat Deteksi Covid Lewat Embusan Napas Buatan UGM Siap Diproduksi Massal
FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/ BRIN) memastikan bahwa alat deteksi cepat Covid-19 melalui embusan nafas (GeNose) yang berhasil diciptakan Universitas Gajah Mada (UGM) akan segera diproduksi massal. Selain cepat melakukan deteksi dan memiliki akurasi tinggi, penggunaan alat ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tes usap PCR dengan tingkat akurasi mencapai 90%.



"GeNose hasilnya konsisten dibandingkan hasil yang dilakukan swab atau PCR. Jadi kita punya harapan ini bisa GeNose menjadi alternatif. Ini pendekteiksi akuratnya yang cukup baik," ujar Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro, di Jakarta, Jumat (11/12/2020).



Menurut dia harga GeNose sendiri cukup terjangkau. Sebelumnya dikatakan bahwa satu unit GeNose yang diperkirakan seharga Rp40 juta dapat digunakan untuk 100 ribu pemeriksaan. Pihaknya mengapresiasi alat deteksi Covid-19 lewat embusan napas yang dikembangkan oleh tim peneliti UGM tersebut. Dia berharap GeNose bisa segera dimanfaatkan secara masif oleh masyarakat.

"Ini akan memudahkan masyarakat bisa mengetahui Covid-19 dengan cepat. Ini inovasi yang luar biasa, pertama mampu mendeteksi virus dari napas kita mengandung suatu senyawa yang bisa diindikasikan terpapar oleh Covid-19," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6966 seconds (0.1#10.140)