Ubah Dekorasi Ruang Tamu demi Kenyamanan Keluarga

Senin, 14 Desember 2020 - 21:59 WIB
loading...
Ubah Dekorasi Ruang Tamu demi Kenyamanan Keluarga
Fungsi ruang tamu tidak hanya sebagai tempat menerima tamu, juga untuk kumpul keluarga. (Foto: Dok/99Desain)
A A A
JAKARTA - RUANG tamu adalah cerminan sang pemilik rumah. Maka, ruang tamu yang enak dan nyaman akan menumbuhkan kepercayaan diri pemilik rumah saat menerima tamu

Ide renovasi ruang tamu bisa dilakukan dengan melebarkan ruangan demi memberikan ruang yang luas. Sebab, ruangan ini nantinya tidak hanya sebagai ruangan menerima tamu, tetapi juga sebagai ruang berkumpul keluarga. Aktivitasnya pun beragam mulai dari menonton televisi, membaca buku, atau sekadar berbincang bersama. Oleh karena itu, kenyamanan ruang tamu harus benar-benar diperhatikan.

"Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merenovasi ruang tamu adalah dengan memberikan sentuhan menarik yang bisa membuat suasana menjadi berbeda," ungkap desainer interior Budi Prandono.

Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan mengganti warna cat dinding dengan warna lebih cerah. Lewat goresan warna cerah di ruang tamu, maka itu akan mampu menghadirkan suasana positif di dalam rumah. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengecat dinding, warna cerah bisa dihadirkan melalui pemilihan berbagai jenis furnitur.

Sebagai contoh pemilihan kursi, sofa, karpet, atau berbagai perabot lainnya. "Bisa beri sentuhan menarik dengan menempatkan bantal berwarna senada atau berbagai macam motif untuk lebih menghidupkan suasana," tegasnya.

Selain warna, ide renovasi ruang tamu lainnya adalah memberikan sentuhan tekstur. Langkah ini bisa menjadi cara membuat ruang tamu lebih menyenangkan. "Tekstur di sini bisa seperti penggunaan karpet atau kain batik yang dijadikan aksesoris dinding," lanjut Budi.

Jika Anda memiliki ruang tamu mungil, Anda bisa menggunakan cermin yang besar. Cermin ini dapat memberikan ilusi agar ruangan terlihat lebih besar dan tidak terkesan biasa.

Agar ruangan lebih terlihat segar, Anda juga bisa menambahkan berbagai dekorasi, termasuk juga tumbuhan di dalamnya. "Sentuhan dari tanaman dan warna pot memang ampuh untuk menjadi dekorasi ruangan. Meski sederhana, elemen ini bisa membuat suasana berbeda," katanya.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)