Pemilik Hotel Arthama Ajak Pengusaha Tak PHK Karyawan: Ingat Perjuangan Mereka

Rabu, 13 Mei 2020 - 13:44 WIB
loading...
Pemilik Hotel Arthama Ajak Pengusaha Tak PHK Karyawan: Ingat Perjuangan Mereka
Owner Arthama Hotel Group, Jaenal Mappe. Foto: SINDOnews/Suwarny Dammar
A A A
MAKASSAR - Saudagar Bugis yang juga pemilik Arthama Hotel, Makassar, Jaenal Mappe tak sepakat jika perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal gara-gara pandemi COVID-19 . Khususnya bagi perusahaan yang sudah bertahun-tahun eksis.

Pengusaha yang kini aktif di Departemen Pengembangan Usaha dan Ekonomi Kreatif Badan Pimpinan Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) itu berpendapat, kondisi saat ini belumlah sepadan dengan perjalanan panjang selama ini. Keuntungan besar, juga aset, sudah dikumpulkan dalam perjuangan bersama karyawan.

"Ini adalah tantangan. Perekonomian nasional sedang sakit. Tetapi tidak lantas harus membuat kita kehilangan keberanian dan semangat," ujarnya, Rabu (13/5/2020).



Pengusaha ritel, properti, perhotelan, dan restoran yang berbasis di Gorontalo (perlahan juga di Makassar) itu mengajak para pebisnis memanfaatkan waktu sekarang untuk merenung. Apakah selama ini kita lupa bersyukur, atas kemampuan yang Allah SWT anugerahkan.

"Bertahun-tahun bahkan ada yang berpuluh tahun lamanya kita diberikan kemampuan dan kecerdasan dalam mengelola segala bidang usaha kita. Juga nikmat kesehatan dan kebahagiaan bersama keluarga, serta kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dan aset yang cukup besar di dalam berjuang bersama seluruh karyawan kita," timpalnya.

Pria kelahiran Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulsel, 17 Maret 1960 itu mengingatkan, jangan sampai ujian dua-tiga bulan membuat kita tidak ikhlas dan harus menyerah.

"Karyawan yang bertahun-tahun berjuang membesarkan perusahaan langsung di- PHK massal seakan-akan tidak berjasa sebagai aset perusahaan selama ini. Kasihan mereka," ucap Jaenal.



Owner Arthama Hotel Group itu yakin, jika pengusaha bisa melewati ujian beberapa bulan ini dengan sabar dan bijak, kesuksesan yang lebih besar menanti di masa depan.

"Ayo bangkit, bersama karyawan," ajaknya.

Ketua BPW KKSS Gorontalo itu menitip empat pesan. Pertama, saatnya pengusaha berani ambil keputusan dan laksanakan keputusan itu. Lalu, tingkatkan kecerdasan analisis menggunakan pengalaman lapangan dan info-info. Ketiga, jujur dan komitmen kepada semua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)