Digitalisasi Jadi Keniscayaan di Semua Sektor Usaha

Rabu, 16 Desember 2020 - 21:48 WIB
loading...
Digitalisasi Jadi Keniscayaan di Semua Sektor Usaha
Diskusi Online bertema Keamanan Menyimpan Uang di Bank Pada Era Digital di Jakarta, Rabu (16/12/20). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah memaksa dunia usaha untuk melakukan adaptasi. Hampir semua sektor usaha menyesuaikan diri dengan penerapan protokol Covid-19, seperti menjaga jarak dan menghindari kontak fisik. Kondisi ini memicu penggunaan tekonologi digital besar-besaran.

Sektor perbankan yang sejatinya sudah sudah akrab dengan penggunaan teknologi digital pun harus terus memperkuat dan meningkatkan pemanfaatan teknologi itu demi kepentingan layanan terhadap nasabahnya.

Oleh karena itulah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong perbankan/lembaga keuangan meningkatkan layanan digitalnya. Selain untuk memberikan kemudahan layanan, sekaligus mendorong inklusi keuangan. Sebab, pemanfaatan teknologi digital mampu menjangkau masyarakat di daerah terpencil atau yang belum terjangkau perbankan (unbankable).

Namun, digitalisasi layanan keuangan menghadirkan isu yang amat krusial, yakni keamanan data nasabah, termasuk di sektor keuangan formal. Apalagi, tren kejahatan siber terus meningkat dan muncul dengan segala cara untuk membobol rekening nasabah.

( )

OJK pun terus mendorong sektor perbankan maupun platform information of technology (IT) lain yang memberikan layanan keuangan terus meningkatan mitigasi risiko. Namun, nasabah tetap menjadi ujung tombak untuk menghindari kejahatan bermodus social engineering.

Pengamat Ekonomi dan Perbankan Ryan Kiryanto memaparkan bahwa lembaga jasa keuangan termasuk perbankan sebaiknya terus menggenjot kemampuan teknologi informasi sistem keuangan untuk memberikan pelayanan optimal kepada nasabah saat pandemi Covid-19.

"Perbankan ataupun lembaga jasa keuangan harus menjadi lembaga yang tangguh, tapi juga harus dekat ke nasabahnya, ini adalah kata kuncinya," kata Ryan dalam Diskusi Online bertema 'Keamanan Menyimpan Uang di Bank Pada Era Digital' yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (16/12/20).

( )

Ryan menekankan, perbankan/lembaga jasa keuangan harus memerhatikan keamanan dana maupun data nasabah, sehingga nasabah benar-benar merasa nyaman dalam menaruh dananya di perbankan/lembaga jasa keuangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)