Kalkulasi Kebutuhan Anggaran Vaksinasi Gratis, Kira-kira Butuh Berapa Ya?

Kamis, 17 Desember 2020 - 12:24 WIB
loading...
Kalkulasi Kebutuhan Anggaran Vaksinasi Gratis, Kira-kira Butuh Berapa Ya?
Ekonom mencoba mengkalkulasi, kira-kira berapa anggaran yang dibutuhkan pemerintah untuk menerapkan vaksinasi gratis masyarakat Indonesia pada tahun depan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ekonom Core Piter Abdullah menilai, Indonesia akan butuh anggaran besar untuk membiayai vaksinasi gratis masyarakat Indonesia. Kalkulasi biaya vaksin sinovac sekitar Rp400 sampai Rp500 ribu per orang. Sementara yang harus divaksin minimal 70 persen dari penduduk yang berusia 18 tahun ke atas.

Misalkan sebanyak 100 juta, maka biaya vaksinasi gratis Akan mencapai 50 triliun. "Artinya dipastikan akan ada tambahan beban anggaran APBN ," kata Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

(Baca Juga: Jangan Protes!, Vaksin Gratis Akan Bikin Defisit APBN Melebar )

Kata dia, vaksinasi gratis Covid-19 diharapkan akan mendorong percepatan penanggulangan pandemi sehingga diyakini pandemi bisa berakhir pada tahun 2021. "Dengan demikian perekonomian bisa diyakini pulih dengan cepat," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan menggratiskan vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Menindaklanjuti keputusan itu, Jokowi meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani merealokasi anggaran lain untuk ketersediaan vaksin Covid-19 gratis.

(Baca Juga: Makin Melebar, Defisit APBN Capai 4,67% )

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini," terang Jokowi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)