Sosok Pahala Mansury, Bos BTN yang Bakal Dilantik Jokowi Jadi Wamen BUMN

Rabu, 23 Desember 2020 - 08:56 WIB
loading...
Sosok Pahala Mansury, Bos BTN yang Bakal Dilantik Jokowi Jadi Wamen BUMN
Direktur Utama Bank BTN Pahala N Mansury. FOTO/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik enam menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020) pagi. Selain calon menteri, Jokowi juga direncanakan akan melantik enam wakil menteri yang baru . Salah satunya Pahala Nugraha Mansury, yang dikabarkan akan menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pahala akan menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang akan dilantik jadi Menteri Kesehatan yang baru.

Saat ini, Pahala menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero). Pria kelahiran Bogor 49 tahun lalu itu diangkat sebagai Dirut Bank BTN melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 27 November 2019, dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 10 Februari 2020.



Dalam pendidikannya, Pahala mendapatkan gelar sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Kemudian, dia memperoleh gelar pendidikan lebih tinggi yakni MBA Finance dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat (AS). Karier Pahala dimulai dengan menjadi konsultan manajemen di Andersen Consulting Jakarta hingga 1997. Pada 1998, Pahala bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York, bersamaan saat dirinya menjalani pendidikan S2.

Setelah itu karier Pahala semakin baik, pada 1999 dia bergabung dengan Booz Allen Hamilton sebagai konsultan senior selama satu tahun. Di tahun yang sama, dia juga sempat memimpin beberapa proyek perbankan di Asia Tenggara saat bergabung dengan Boston Consulting Group.



Beranjak ke 2003, Pahala memulai kariernya di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Di Bank Mandiri, karier Pahala terus meningkat dengan posisi yang berganti-ganti. Hingga 2010 dirinya dipercaya menjadi salah satu Direktur Bank Mandiri, setelah sempat menjabat sebagai EVP Coordinator Finance & Strategy and Chief Financial Officer. Lalu pada 2017, Pahala dipercaya menjadi Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Setelah menjadi orang nomor satu di maskapai pelat merah itu, dirinya digeser menjadi Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), sebelum akhirnya dipercaya menjadi Dirut Bank BTN.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)