Resmi Jadi Menkes, Budi Gunadi Harus Lebih Baik dari Terawan

Rabu, 23 Desember 2020 - 11:56 WIB
loading...
Resmi Jadi Menkes, Budi Gunadi Harus Lebih Baik dari Terawan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik enam menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia. Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno pun resmi menjadi menteri baru Jokowi.

Adapun keenam menteri yang dilantik adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, dan Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ekonom Indef Nailul Huda mengatakan untuk satu hingga dua tahun ke depan, PR menteri baru Jokowi masih dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Terutama bagi Menteri Kesehatan dan Menteri Sosial yang baru. "Menteri Kesehatan harus bisa menjadi panglima perang melawan Covid-19," kata Huda saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (23/12/2020).



Dia berharap mampu melakukan tugasnya jauh lebih baik dari Terawan Agus Putranto. Menurut dia BGS harus punya arah kebijakan jelas menangani wabah yang terus meningkat pesat. "Harus ada arah kebijakan yang jelas untuk penanganan pandemi. Menkes harus jadi panglima perangnya," katanya.



Di samping itu, menkes juga mengemban tugas berat di mana harus ikut menjaga social safety net masyarakat. Dari sisi Kemensos didukung bantuan sosial dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga daya beli masyarakat tidak menurun terlalu signifikan. "Ini mengacu pada pelaksanaan menteri sebelumnya, hal ini belum efisien dan efektif," imbuhnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)