Pandemi Covid-19, ASDP Pangkas 30% Rencana Investasi

Kamis, 14 Mei 2020 - 14:04 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, ASDP Pangkas 30% Rencana Investasi
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memangkas rencana investasi akibat pandemi virus Corona. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memangkas rencana investasi akibat pandemi virus Corona (Covid-19). Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengungkapkan, belanja modal atau capital expenditure (capex) sepanjang 2020 berkurang Rp500 miliar dari rencana awal.

"Rencana investasi kami potong 30%. Jadi total investasi kami tahun ini menjadi 70% dari rencana semula," ujarnya dalam konferensi pers yang berlangsung virtual, Kamis (14/5/20).

Dia menyebut, pemotongan rencana investasi itu bersumber dari arus internal kas perusahaan. Sedianya, dalam RKAP 2020, perseroan mematok belanja modal Rp1,4 triliun. "Tahun ini rencana investasi Rp1,4 triliun, dipotong jadi Rp900-an miliar," tambah Ira.

Kendati ada pemotongan, dia menegaskan bahwa pengembangan investasi di aspek-aspek yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan tidak akan terpengaruh. Termasuk penugasan dari pemerintah, terkait dengan program-program strategis juga terus berlanjut. (Baca Juga : Selama Pandemi Covid-19, Layanan Logistik ASDP Meningkat )

"Program besar kita misalnya agenda nasional tetap, diantaranya pengembangan Labuan Bajo, dan program nasional berkaitan dengan tamu internasional 2021 juga tetap," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pengembangan proyek Pelabuhan Padang Bai-Lembar tetap berlanjut. Adapun investasi yang dipotong adalah hal-hal yang tidak memberi revenue langsung, serta aspek-aspek yang bersifat 'kosmetik'. "Intinya yang tidak memberi revenue langsung, hanya kosmetik atau soal keindahan, maka kita potong," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)