Pastikan Stok BBM Jawa Bagian Barat Mencukupi, Menteri ESDM Cek TBBM Tanjung Gerem

Rabu, 30 Desember 2020 - 21:17 WIB
loading...
Pastikan Stok BBM Jawa Bagian Barat Mencukupi, Menteri ESDM Cek TBBM Tanjung Gerem
Jelang pergantian tahun 2020, Menteri ESDM Arifin Tasrif meninjau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjung Gerem milik PT Pertamina (Persero), guna memastikan ketersediaan energi khususnya stok BBM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Jelang pergantian tahun 2020, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meninjau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjung Gerem milik PT Pertamina (Persero), guna memastikan ketersediaan energi khususnya stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam menghadapi periode Natal dan Tahun Baru 2021.

"Saya ingin memastikan kesiapan Pertamina dalam mendukung kebutuhan BBM dan energi untuk masyarakat pada saat libur Natal dan tahun baru," ujar Menteri Arifin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

(Baca Juga: Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman Selama Natal dan Tahun Baru )

Lebih lanjut Arifin mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Pertamina dalam menyediakan ketersediaan BBM untuk masyarakat, termasuk digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dapat memberikan informasi lebih awal jika terjadi kekurangan pasokan BBM di SPBU.

"Saya mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan PT Pertamina untuk menyediakan BBM di saat Natal dan Tahun Baru. Digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dilakukan Pertamina untuk sekitar 5.800 SPBU Pertamina meningkatkan efisiensi kita, mengurangi kesibukan kita dengan pemberian informasi lebih awal jika terjadi kekurangan pasokan," ungkapnya.

Menurut dia, modernisasi sistem di tubuh Pertamina juga harus dilanjutkan di sektor-sektor lainnya, bukan hanya di sektor retail saja, sehingga efisiensinya bisa meningkat dan competitiveness juga bisa diperbaiki untuk bisa mengikuti daya saing yang lebih baik ke depan.

"Upaya-upaya yang sudah dilakukan Pertamina sudah sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat, itulah yang harus kita jaga dan kita tumbuhkembangkan, sehingga apa-apa yang diberikan Pertamina itu betul-betul dirasakan manfaatnya," jelas Arifin.

Arifin juga meminta agar pegawai-pegawai Pertamina yang bekerja hingga pelosok-pelosok dapat bekerja dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan. "Saat ini Akhir-akhir ini pandemi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia sedang meningkat. Saya meminta agar semua pekerja benar-benar memperhatikan protokol kesehatan," imbuhnya.

(Baca Juga: BBM Pertamax Jadi Idola Masyarakat Sulawesi )

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menambahkan, TBBM Tanjung Gerem menyuplai BBM untuk wilayah Jawa Bagian Barat. Kehadiran Menteri ESDM tentu menjadi penyemangat bagi tim Pertamina yang saat ini tengah menjalankan tugas mengamankan pasokan BBM libur Natal dan Tahun Baru.

"Walaupun masih pandemi Covid-19 saat ini, namun kesiapan kami, seluruh infrastruktur kami, seluruh sarana dan prasarana kami dan seluruh tim kami tetap dioperasikan sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya, sesuai dengan Satgas Nataru tahun-tahun sebelumnya. Walaupun kita tahu bahwa transaksi penjualan menurun tetapi kita semua tetap siap siaga," jelas Nicke.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)