1,8 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Menlu: Akan Ada 15 Juta Dosis Lagi

Kamis, 31 Desember 2020 - 13:03 WIB
loading...
1,8 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Menlu: Akan Ada 15 Juta Dosis Lagi
Menlu Retno Marsudi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan setelah kedatangan 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac yang baru saja tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siang ini, Indonesia akan menerima 15 juta dosis vaksin yang juga berasal dari Sinovac, China.

"Dalam waktu dekat diharapkan 15 juta dosis vaksin dari Sinovac yang kemudian akan dimanufaktur oleh PT Bio Farma (Persero) akan juga tiba di Indonesia dalam waktu dekat ini," ujar Retno dalam konferensi pers di sekitar bandara Soetta, Kamis (31/12/2020).

Retno Marsudi yang didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin beserta rombongan, memang meninjau secara langsung kedatangan vaksin Covid-19.

( )

Dalam sambutannya, dia mengatakan, vaksin yang baru saja tiba akan dikirimkan ke Bio Farma di Bandung dengan menggunakan envirotainer diangkut menggunakan truk. Di dalam truk pun tersedia cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius.

"Vaksin di Indonesia untuk selanjutnya vaksin ini akan dikirim ke Bio Farma Bandung untuk penyimpanan sesuai dengan protokol penyimpanan vaksin secara aman sesuai dengan standar WHO (World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia)," kata dia.

( )

Ini merupakan pengiriman tahap II setelah pengiriman tahap I sebesar 1,2 juta dosis vaksin pada 6 Desember 2020. Dengan ketibaan ini, maka telah dapat 3 juta dosis vaksin Sinovac yang berada di Indonesia. Retno menegaskan bahwa sejak awal pemerintah Indonesia terus menjalin komunikasi untuk mengamankan supply vaksin dari berbagai sumber lain.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)