Pohon Pakis Akan Jadi Favorit Pencinta Tanaman pada 2021

Jum'at, 01 Januari 2021 - 14:40 WIB
loading...
Pohon Pakis Akan Jadi Favorit Pencinta Tanaman pada 2021
Tanaman pakis bintang biru disinyalir dapat memberikan ketenangan kepada pemiliknya dan mudah perawatannya. (Foto: Dok/Pinterest)
A A A
HOBI merawat dan mengoleksi tanaman masih menjadi tren di masyarakat pada 2021. Pohon pakis diprediksi akan booming di kalangan pencinta tanaman karena tanaman hias ini mudah dirawat dan bisa memberikan kesegaran di dalam rumah.

Salah satunya tanaman hias jenis blue star fern atau yang lebih akrab dengan nama pakis bintang biru diprediksi akan tren. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang biru kehijauan dan dianggap dapat memberikan ketenangan tersendiri untuk pemiliknya.

Warna hijau kebiruan ini membuat tanaman terlihat kontras jika dibandingkan dengan yang lainnya. Mengutip dari Garden Gudie, pakis bintang biru termasuk dalam kelompok phlebodium aureum dan masuk dalam jajaran epifit pakis asli yang berasal dari kawasan tropis serta subtropis Amerika Tengah dan Selatan.

Ciri lain yang menonjol adalah daunnya bisa tumbuh setinggi 30 sampai 60 cm atau lebih. Mereka bergerak aktif dengan mudah pada batang yang lebih tipis dan halus. Tanaman pakis bintang biru ini lebih mudah dipelihara dibandingkan tanaman pakis lainnya. Jadi, tanaman ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang pernah gagal merawat pakis.

Pakis bintang biru juga bisa beradaptasi dengan pencahayaan yang lebih rendah. Tapi, tanaman ini tidak mentolerir sinar matahari langsung, dan hanya dapat hidup pada suhu 14 sampai 27 derajat celcius. Di luar batas suhu tersebut pakis tidak akan bertahan.

Anda juga harus mempertahankan kelembapan tanah secara konsisten dengan menyiram secara menyeluruh setelah permukaan tanah cenderung kering. Pastikan pula drainase yang baik. Untuk pemupukan, beri secara ringan setiap 2 sampai 3 bulan sekali saat tanaman sedang tumbuh aktif.

Selain itu, ingat juga bahwa tanaman hias ini cukup sensitif terhadap repotting atau penggantian media tanaman. Jadi, disarankan untuk tidak terlalu sering memindahkannya ke dalam pot lain.
(wan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2072 seconds (11.252#12.26)