Game Changer Perekonomian, Airlangga: Vaksinasi Covid-19 Gratis hingga Kuartal I-2022

Senin, 04 Januari 2021 - 11:05 WIB
loading...
Game Changer Perekonomian, Airlangga: Vaksinasi Covid-19 Gratis hingga Kuartal I-2022
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa program vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan secara gratis kepada seluruh masyarakat dan akan terus berlanjut hingga kuartal I-2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa program vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan secara gratis kepada seluruh masyarakat. Selain itu, vaksinasi juga akan terus berlanjut hingga kuartal I-2022.

(Baca Juga: Siap-Siap, Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Mulai April 2021 )

Airlangga menyebut, kehadiran vaksin Covid-19 sekaligus menjadi game changer di sektor ekonomi Tanah Air. Diharapkan, vaksinasi bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat untuk bisa beraktivitas dengan normal kembali.

"Arahan Pak Presiden terkait gas dan rem (kebijakan) soal pandemi Covid-19, tentu melalui vaksinasi yang menjadi game changer. Kita akan berikan gratis dan akan terus berlanjut hingga kuartal I 2022," ujar Airlangga dalam acara Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2021, Senin (4/1/2021).

Game Changer Perekonomian, Airlangga: Vaksinasi Covid-19 Gratis hingga Kuartal I-2022


Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, Indonesia saat ini telah mengamankan sebanyak 3 juta dosis vaksin dari Sinovac dan sudah disebar ke beberapa daerah di Indonesia. Diharapkan, vaksinasi massal bisa dimulai pada pertengahan Januari 2021 ini.

"Ini tinggal menunggu emergency use authorization dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) dan jaminan kehalalannya," kata dia.

(Baca Juga: Infrastruktur Vaksinasi Covid-19 Sudah Tersedia Hingga Level Puskesmas )

Selain itu, dia juga berharap data sains yang diperlukan demi keperluan penerbitan emergency use authorization ini akan segera selesai. Beberapa penelitian telah dilakukan dari berbagai daerah seperti Bandung, Indonesia, Turki, dan sebagain wilayah di Brazil.

Selain itu, beberapa negara sudah memberikan izin emergency use authorization tersebut untuk vaksin-vaksin yang juga akan digunakan Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan keamanan dan kualitasnya.

"Beberapa negara sudah memberikan emergency use authorization terhadap vaksin2 yang dipesan di Indoneeia antara lain vaksin Sinovac, Pfizer, Astrazeneca, Novavax dan Gaffi, jadi kita mengadakan multi solve daripada vaksin dan vaksin ini akan diberikan gratis untuk masyarakat," ucapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)