Ramalan Bank Dunia ke Indonesia Bisa Terjadi Jika Pemerintah Lakukan Ini

loading...
Ramalan Bank Dunia ke Indonesia Bisa Terjadi Jika Pemerintah Lakukan Ini
Pemerintah Indonesia nampaknya harus bekerja keras agar ramalan Bank Dunia tentang Indonesia bisa terwujud pada tahun ini. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah Indonesia nampaknya harus bekerja keras agar ramalan Bank Dunia tentang ekonomi Indonesia tumbuh 4,4% bisa terwujud. Ekonom Ryan Kiryanto mengatakan, pemerintah harus tiga lakukan game changer untuk pulihkan Indonesia. Di antaranya omnibus law, vaksin massal dan protokol kesehatan.

"Game changer 1: Omnibus Low Cipta Kerja yan bisa segera dikerjakan dengan serius. Game changer 2: Vaksinasi massal hingga akhir 2021 berjalan lancar tanpa gangguan atau kendala atau hoax yang tidak bermutu. Game changer 3: kepatuhan masyarakat menjalankan prokes 3M secara disiplin sehingga flattening the curve tercapai sesuai standar WHO," kata Ryan saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

(Baca Juga: Masih Rapuh, Tapi Bank Dunia Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh Tembus 4,4% )

Jika ketiga game changers tadi bekerja optimal, kegiatan ekonomi, investasi, konsumsi dan keuangan akan bisa bergerak lebih cepat. Ekonomi Indonesia bahkan diyakini bisa mencapai 5-6% pada tahun ini.



"Jadi perkiraan world bank yang 4,4% logis. Jika 3 (tiga) game changers ini berjalan dengan baik di 2021, PDB Indonesia bisa mencapai 5%-6%," bebernya.

(Baca Juga: Vaksin jadi Game Changer! Menko Airlangga: Optimistis, Ekonomi RI Tumbuh 5% Tahun Ini )

Lalu terang dia, tidak ketinggalan Inflasi naik ke kisaran 2-2,5% dan konsumsi rumah tangga tumbuh 5%. Pertumbuhan kredit di kisaran 6-8% sedangkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) bakal di kisaran 8-10%. "Tentunya harus perlu adanya kerja keras dari pemerintah," tandasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top