Sabar Emakkk.... Harga Cabai Akan Normal Dua Minggu Lagi

loading...
Sabar Emakkk.... Harga Cabai Akan Normal Dua Minggu Lagi
Kementerian Pertanian menyatakan harga cabai akan kembali normal di pekan ketiga bulan ini. (Foto: Dok. Sindonews)
JAKARTA - Dalam sebulan terakhir harga cabai melonjak. Ditengarai, meroketnya harga bumbu dapur ini dipicu berkurangnya pasokan dan meningkatnya permintaan karena adanya hari besar keagamaan yakni Natal.

Hal itu diakui Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi. Namun Agung memastikan harga cabai yang tinggi saat ini akan berangsur pulih di pekan ketiga bulan ini.

(Baca juga:Awal Tahun 2021 Harga Cabai di Aceh Meroket, yang Hijau Tembus Rp60 Ribu/Kg)

Kepastian tersebut disebut Agung setelah pihaknya melakukan komunikasi dengan para petani di sejumlah sentra produksi cabai. “Minggu ketiga bulan ini harga cabai kembali normal. Yang jelas sampai akhir Desember kemarin produksi kita memang agak sedikit berkurang dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Tapi akhir Januari kita sudah kembali normal,” kata Agung di Jakarta, Rabu (6/1/2021).



(Baca juga:Harga Cabai Melonjak, Dewan Minta Optimalkan Pertanian Lorong)

Langkah berikutnya, lanjut Agung, Kementan telah melakukan perluasan area tanam di sejumlah daerah. Bahkan, sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, penanaman dilakukan dengan menggunakan sentuhan teknologi.

(Baca juga:Inflasi Desember 2020 Diprediksi Meningkat Terdongkrak Pedasnya Harga Cabai)



“Kita akan melakukan penanaman cabai dengan teknologi. Kemudian kita akan mengembangkan areal tanaman baru untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Bahkan kami melakukan operasi pasar sebagai langkah memutus rantai pasok,” katanya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top