Pasar Berjangka Komoditas Diharapkan Tunjang Kinerja Ekspor 2021

Kamis, 07 Januari 2021 - 22:50 WIB
loading...
Pasar Berjangka Komoditas Diharapkan Tunjang Kinerja Ekspor 2021
Kinerja ekspor tahun 2021 diharapkan semakin meningkat dengan dukungan semua aspek, termasuk bursa berjangka komoditas. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pasar komoditas diakui masih memegang peran utama dalam ekspor Indonesia. Karena itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mengupayakan dukungan dari berbagai aspek, termasuk dari pasar berjangka komoditas.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan hal itu saat membuka perdagangan perdana ICDX pekan lalu. Pasar Berjangka Komoditas, tegas Jerry, ikut serta menjamin kepastian usaha sehingga juga menjadi kunci dalam peningkatan ekspor. Hal ini karena pembiayaan adalah salah satu kunci utama dalam seluruh kegiatan ekspor.

(Baca Juga: Optimis Ekonomi 2021 Lebih Cerah, Wamendag Beberkan Alasannya)

Dalam kaitan itu, di tahun 2021, menurut Jerry, Kemendag berniat makin mempertajam capaian dalam peningkatan ekspor. Setelah membuka beberapa pasar penting melalui berbagai perjanjian perdagangan, Kemendag menyasar pasar Uni Eropa dan beberapa pasar di Asia dan Afrika.

“Target kita tahun 2021 ini Indonesia-European Union CEPA selesai. Kita juga ingin segera merealisasikan perjanjian dengan Mozambik, Korea Selatan dan seterusnya. Dengan begitu makin banyak pasar terbuka dan produsen kita bisa lebih meningkatkan kinerja dalam menunjang kesejahteraan masyarakat," kata Wamendag dalam siaran pers, Kamis (7/1/2021).

Terbukanya pasar dan peluang baru menurut Jerry membuka peluang juga bagi semua industri yang berkaitan dengan ekspor, termasuk industri keuangan dimana di dalamnya pasar berjangka komoditas berada. Karena itu dia berharap ICDX meningkatkan kapasitas guna bisa memanfaatkan peluang-peluang itu.

"Sektor keuangan dan pembiayaan adalah sektor yang sangat krusial bahkan sering menjadi kunci dalam kegiatan ekspor Indonesia. Karena itu, butuh kesiapan institusional dari semua stakeholder agar bisa menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dalam sektor ini," tambahnya.

ICDX sendiri pada tahun 2020 berkinerja cukup baik meski di tengah pandemi. Tercatat total transaksi multilateral ICDX sepanjangan tahun 2020 mencapai Rp18 triliun. Sesuai dengan arahan Kemendag melalui Bappebti, pasar berjangka diharapkan meningkatkan peradagangan multilateral.

Arahan ini diberikan karena selama ini masih terjadi ketimpangan antara perdagangan bilateral dengan multilateral. Nilai transaksi bilateral bisa mencapai lebih dari 7 kali dibandingkan transaksi multilateral.

"Peluang di perdagangan multilateral masih sangat besar. Itu yang harus kita manfaatkan seiring dengan perjanjian-perjanjian multilateral yang telah kita selesaikan maupun yang sedang kita garap," kata jerry.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)