Awal Tahun, Restrukturisasi Kredit Bank Capai Rp971,1 Triliun

loading...
Awal Tahun, Restrukturisasi Kredit Bank Capai Rp971,1 Triliun
Restrukturisasi kredit oleh perbankan hingga awal tahun ini mencapai Rp971,1 triliun yang didominasi oleh kredit UMKM. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, per 4 Januari 2021 restrukturisasi kredit perbankan mencapai sebesar Rp971.1 triliun. Nilai restrukturisasi itu diterima oleh 7,56 juta debitur dari 101 bank.

Baca Juga: Sah! OJK Terbitkan Aturan Perpanjangan Restrukturisasi Kredit, Ada Perubahan Dikit

"Angka Rp971,1 triliun merupakan restrukturisasi terbesar sepanjang sejarah menjadi pengawas," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana secara virtual, di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Adapun akumulasi baki debit debitur non-UMKM adalah sebesar 60% atau Rp584,45 triliun. Sedangkan UMKM sebesar 40% atau Rp387 triliun.



Dia melanjutkan, secara jumlah debitur, sekitar 77% atau 5,81 juta adalah UMKM. Sedangkan debitur non-UMKM hanya 23% atau 1,76 juta. "Walau secara nominal baki debet lebih rendah. Namun mayoritas debitur restrukrisasi adalah nasabah UMKM," ungkap Heru.

Baca Juga: Restrukturisasi Kredit Bersambung Bikin Nafas Dunia Usaha Makin Panjang

Dengan restrukturisasi, kata Heru, debitur memiliki ruang bernapas dan bank pun dapat secara proaktif membantu debitur-debitur yang dalam kondisi bagus tersebut menata kembali arus kasnya yang terdampak pandemi.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top